Panwaslu Pekanbaru Dampingi KPU Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Berkarya

Verifikasi faktual terhadap keanggotaan Partai Berkarya di kecamatan Payung Sekaki.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru bersama Panwaslu Kecamatan melakukan pengawasan melekat terhadap verifikasi faktual lapangan ke DPC Partai Berkarya Kecamatan Payung Sekaki, Rabu (10/1).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru melakukan penelitian beberapa sampel terhadap keanggotan Partai Berkarya di wilayah setempat untuk dicocokkan pada data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang telah didaftarkan sebelumnya.

Menurut Kimisioner Panwaslu Kota Pekanbaru Korwil Payung Sekaki, Rizqi Abadi, S.I.Kom, dari data yang telah dilakukan pencocokan berkas oleh tim verifikator KPU bersama Panwaslucam, hampir seluruhnya ditemukan.

“Data yang diambil untuk Partai Berkarya di wilayah Kecamatan Payung Sekaki sebanyak 25 orang, hampir semuanya ditemukan. Beberapa diantaranya dinyatakan Memenuhi Syarat,” kata Rizqi disela-sela pendampingan anggota KPU Pekanbaru Yelly Nofiza melakukan verifikasi.

Panwaslu, ujar Rizqi, perlu melakukan pengawasan melekat agar tidak terjadinya human error dan pendataan yang tak sesuai prosedur peraturan yang berlaku. Ini juga merupakan bagian dari tugas lembaganya untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik.

Sebagaimana diketahui selama sepekan ini tim verifikator KPU melakukan pedataan keanggota terhadap dua partai berbeda yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda. (rul)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *