Gerai  

Pendaftar Melonjak, Riau Perlu Penambahan Kuota Calon Jamaah Haji

Ilustrasi/Net

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau mengajukan penambahan kuota calon jamaah haji (CJH) untuk keberangkatan haji pada tahun ini.

Anggota DPRD Riau Sugeng Pranoto mengatakan penambahan kuota CJH sangat diperlukan mengingat terjadi peningkatan jumlah CJH yang mendaftar haji setiap tahunnya.

“Kemenag Riau tengah melakukan koordinasi dengan pusat untuk dapat diberikan tambahan kuota jemaah, seperti di Lampung dari kuota 5.081 meningkat menjadi 7.164 orang. Kita ingin perjuangkan penambahan itu,” kata Sugeng Pranoto.

Sugeng mengatakan, saat ini terjadi lonjakan CJH sehingga hal tersebut tentu dapat memperpanjang daftar tunggu CJH. Sudah ada 436 ribu CJH yang mendaftar dan diberangkatkan pada 2017, 5.030 jemaah dan 34 Petugas.

Sementara, dalam Raperda Transportasi Haji Daerah yang telah disepakati dalam paripurna dan segera menjadi payung hukum yang mengatur transportasi daerah asal ke embarkasi menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Perda itu juga akan mempercepat dibangunnya Embarkasi Haji Antara di Provinsi Riau.

“Perda ini akan mengatur biaya transportasi dari daerah asal embarkasi (misalnya dari Pekanbaru ke Batam) dan dari embarkasi ke daerah asal juga ditanggung. Anggarannya dari Pemda Riau dan pemerintah kabupaten/kota,” sebutnya. (ant)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *