Gubri dan Bupati Puji Pesatnya Perkembangan Bumdes di Kuansing

LAMANRIAU.COM, SINGINGIHILIR – Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Kuansing H Mursini salut dan memuji terhadap perkembangan  Badan Usaha Desa (Bumdes) yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

 

Kendati jumlahnya belum signifikan dibandingkan jumlah desa yang ada, namun 18 Bumdes yang ada di Kuansing sudah maju dengan pesat perkembangab usahanya.

Hal itu disampaikan Gubri dan Bupati Kuansing saat menghadiri acara Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdes Amanah Sejahtera Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hilir, Rabu (24/1).

 

Bagaimana tidak Gubri dan Bupati salut khususnya terhadap Bumdes tersebut. Misalnya saja Bumdes Amanah Sejahtera, baru dua tahun beroperasi dari modal awal hanya Rp500 juta sekarang omset Bumdes ini sudah menyalurkan pinjaman kepada masyarakat sebesar Rp31.620.243.000.

 

“Ini sungguh luar biasa perkembangan usahanya,” ujar Gubri ketika memberi sambutan pada acara tersebut.

 

Bupati Kuansing Mursini juga menyampaikan hal yang sama. Melihat banyaknya hadiah doorprize yang tersaji mulai dari sepeda motor hingga ke peralatan elektronik dan berbagai hadiah lainnya yang disediakan oleh Bumdes Amanah Sejahtera, hal ini ujar Bupati, telah menunjukkan begitu pesatnya perkembangan unit usaha yang dimiliki Bumdes ini.

 

“Saya mengharapkan desa lainnya yang belum memiliki Bumdes agar segera membentuknya. Karena Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa memberikan kesempatan yang seluasnya bagi desa untuk memajukan perekonomian desa,” kata Bupati.

 

Sementara itu Direktur Bumdes Amanah Sejahtera Junaedi memaparkan, kegiatan usaha yang dimiliki Bumdes mereka ada 6 bidang, yaitu kegiatan reguler perencanaan pembangunan desa melalui sektoral, kegiatan ekonomi mikro melalui dana usaha desa oleh Badan Usaha Milik Desa, kegiatan usaha unit perkreditan barang, kegiatan usaha penjualan TBS, kegiatan usaha online/BRI link dan kegiatan usaha jual beli pupuk. (shr)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *