Kelurahan Tangkerang Timur Sosialisasi Cara Pencegahan Penyakit Difteri

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pihak Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru melakukan sosialisasi pencegahan penyakit difteri bersama pihak Puskesmas setempat yang dihadiri oleh para RT dan RW.

 

Menurut Kepala Puskesmas Tenayan Raya, dr. Yuni, difteri sudah memasuki kota Pekanbaru. Gejala serupa sudah ada ditemukan di Kecamatan Tenayan Raya walaupun dari hasil laboratorium masih negatif.

 

“Pihak Puskesmas tetap melakukan pencegahan dan pemberian informasi tentang penyakit difteri,” kata dr. Yuni, Senin (29/1).

 

Dalam acara sosialisasi tersebut, pihak Puskesmas kecamatan menjelaskan pengertian dari difteri dan bagaimana penyebarannya.

 

Adapun penyakit difteri merupakan penyebaran dari gejala batuk, makanan, termasuk kontak langsung dalam durasi yang lama terhadap penderita.

 

“Gejala seperti demam demam dengan suhu mencapai 38-39′, nyeri sakit kepala, pucat dan sesak nafas serta gangguan sulit menelan menjadi ciri penyakit difteri. Adapun komplikasi yg ditimbulkan dari difteri adalah penyumbatan saluran nafas, infeksi terhadap jantung dan ginjal,” terang dr. Yuni.

 

Acara yang dibuka langsung oleh Lurah Tangkerang Tmur Hj. Chuzaimah, SP ini dihadiri sekitar 50 orang peserta. (Adp)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *