Muhaimin dan Tuan Guru Bajang Berpotensi Ramaikan Bursa Cawapres 2019

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang M. Zainul Madji berpotensi meramaikan bursa calon Wakil Presiden tahun 2019.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis dua nama tokoh dari kalangan Islam, tengah menapaki tingkat popularitas cukup tinggi untuk diunggulkan.

Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar, menempati tingklat popularitas sebesar 32,4 persen, sedangkan TBG M Zainul Madji 13,9 persen.

Peniliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengungkapkan, isu latar belakang agama juga masih kental dalam Pilpres 2019. Sementara itu, dua nama berlatar belakang yang muncul sebagai calon wakil presiden jika ditarik dari latar belakang agama.

“Dari bursa Cawapres berlatar belakang Islam, ada dua nama yang berpeluang dibanding tokoh yang lain,” kata Adjie Alfaraby di Jakarta, Jumat (2/2).

Sementara untuk sosok TBG M Zainul Majdi, kata Adjie, meski popularitas masih rendah, tapi elektabilitasnya relatif tinggi. Dengan begitu, sosok Gubernur NTB ini menurutnya, punya potensi menjadi nama baru yang diperhitungkan dalam bursa Calon Wakil Presiden 2019.

“Jika saja cukup waktu bagi Zainul Majdi memperkenalkan diri, Ia bisa menjelma darah baru. Bagi yang mengenal, Zainul dipersepsikan sebagai gubernur muslim yang taat dan berhasil membangun daerahnya di NTB,” ujarnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai secara acak melalui metode multi stage random sampling dengan margin of error plus minus 2,9 persen. Wawancara dilakukan serenta di 34 provinsi dari tanggal 7 sampai 14 Januari 2018. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *