Tendang Pemain, Wasit Ligue 1 Prancis Diskors Enam Bulan

LAMANRIAU.COM, PARIS – Wasit Tony Chapron yang menendang bek Nantes dalam laga kontra PSG tengah bulan lalu harus menerima hukuman berat atas perbuatannya.

Sebagai buntut dari tindakan kontroversialnya kala memimpin laga Ligue 1 Prancis antara tuan rumah Nantes dan Paris Saint-Germain, pertengahan Januari lalu, wasit Tony Chapron harus menerima skorsing enam bulan.

Pada injury time laga di Stade de la Beaujoire yang dimenangi tim tamu 1-0, bek Nantes Diego Carlos secara tidak sengaja menabrak Chapron hingga terjatuh ketika berupaya mengantisipasi sebuah serangan PSG.

Tanpa diduga oficial berusia 45 tahun itu balas menyandung Carlos lantas menunjukkan kartu kuning kedua kepada pemain Brasil tersebut setelah ia melayangkan protes atas perbuatan sang wasit.

Otoritas liga Prancis (LFP) segera meninjau kejadian ini dan memutuskan memutihkan kartu merah Carlos, yang juga menerima permintaan maaf dari Chapron.

“Pada saat benturan, saya merasakan nyeri yang tajam di area di mana saya belum lama ini mengalami cedera. Reaksi pertama saya sayangnya adalah menjulurkan kaki ke arah si pemain,” kata Chapron dua hari usai pertandingan.

“Gestur buruk ini tidak tepat, jadi saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada Diego Carlos atas tindakan ini.”

“Laporan tambahan telah dikirim ke komite disiplin agar kartu kuning yang diterima pemain Nantes itu ditarik karena, berdasarkan tayangan ulang, gestur [tabrakan] itu menurut goal)saya tampak tidak disengaja. Sekarang saya menyimpan komentar saya untuk otoritas terkait.”

Penjelasan Chapron tidak memadai untuk menghindarkannya dari sanksi berat. Pada Kamis (1/2) komite disiplin LFP memvonisnya dengan suspensi enam bulan, dengan separuh di antaranya ditangguhkan.

“Setelah mendengar pernyataan Tn. Tony Chapron dan membaca laporan resmi, komisi [disiplin] memutuskan untuk memberinya sanksi suspensi enam bulan, tiga bulan di antaranya ditangguhkan,” demikian rilis di laman resmi LFP. (goal)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *