Riau  

Tabligh Akbar Pilkada Damai akan Dihadiri Ketua KPU dan Bawaslu RI

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepolisian Daerah (Polda) Riau berencana menggelar Tabligh Akbar bersama Ustad Abdul Somad (UAS). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Minggu (11/2) jam 20.00 WIB di halaman Mesjid Raya Annur Pekanbaru.

Ketua KPU RI, Arief Budiman beserta Ketua Bawaslu RI, Abhan dijadwalkan hadir meramaikan kegiatan yang diberi tajuk “Sosialisasi Pilkada Damai dan Bersih” ini. Panitia juga akan mengundang ke-4 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur/Wakil Gubernur Riau.

Hal itu terungkap pada acara rapat bersama Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH dan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan serta dua anggota KPU Riau, Syafril Abdullah dan Sri Rukmini di Mapolda Riau, Kamis (8/2).

“Penceramah kita asal Riau Ustadz Abdul Somad dipastikan hadir. Termasuk juga seluruh Bapaslon beserta para pendukung,” kata Irjen Nandang.

Ia menjelaskan, Polda sendiri merupakan satuan tugas (Satgas) dalam pengamanan Pilkada di Riau. Untuk itu pihaknya merasa perlu untuk terlibat secara aktif dalam menciptakan suhu politik yang sejuk selama pelaksanaan proses Pilkada.

Jenderal bintang dua mengharapkan dengan kehadiran UAS sebagai tokoh panutan masyarakat Riau dapat memberi suasana sejuk. Karena bagaimanapun juga, masyarakat Riau yang kental dengan adat Melayu sangat menjunjung tinggi pesan dari para tokoh masyarakat seperti UAS.

Ia juga memastikan kegiatan yang digelar akhir pekan ini akan berlangsung khidmat dan aman.

Sementara itu Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa kegiatan Tabligh Akbar dengan mengundang UAS merupakan hasil sinergisitas tiga instansi yang bertanggungjawab langsung dalam pelaksanaan perhelatan Pilkada.

“Dari Polda Riau, KPU serta Bawaslu. Kami semua memiliki peranan dalam terwujudnya Pilkada damai dan bersih,” jelas Rusidi.

Ia merincikan dalam kegiatan Tabligh Akbar nanti masing-masing instansi akan mengambil peran sesuai dengan rangkaian acara yang telah dibentuk. Seperti Polda Riau yang akan menyampaikan pesan damai. Begitu juga dengan KPU yang akan memberikan pemahaman serta sosialisasi agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Terakhir Bawaslu yang dalam hal ini akan mensosialisasikan tentang perlunya memilih pemimpin dalam suasana yang damai dan bersih dari pelanggaran dan kecurangan.

“Saya sudah konfirmasi ke Ketua KPU RI dan Ketua Bawaslu RI. Kedua tokoh Nasional tersebut mengatakan akan hadir dalam acara tabligh akbar bersama UAS,” ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut dia, persiapan panitia gabungan Bawaslu-KPU-Polda sudah mencapai 90 persen. Dengan harapan pada hari pelaksanaan nanti, seluruh masyarakat dapat hadir beramai ramai dan kegiatan berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah dibuat bersama. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *