Bupati Mursini Panen Cabai Bersama Kelompok Tani Beken Jaya

LAMANRIAU.COM, BENAI – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini MSi melakukan panen cabai merah kriting di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai. Cabai yang dipanen ini adalah milik kelompok tani Beken Jaya yang diketuai oleh Yulisman.

Ikut bersama Bupati Mursini saat panen raya tersebut Ny Emi Safitri Mursini, Plt Kadis Pertanian Ir Maisir, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag di lingkup Setda, Camat Benai Yuhendra beserta jajaran.

Kemudian juga turut diundang manajemen PT Meroke Tetap Jaya (perusahaan pupuk) dan PT East West Seed (perusahaan saprodi). Kedua perusahaan tersebut siap mendorong perkembangan usaha holtikultura yang ada di Kabupaten Kuansing.

Ketua Kelompok Tani Beken Jaya Yulisman menceritakan bahwa kelompok tani yang ia pimpin ini berdiri sejak November 2016 dengan jumlah anggota 10 orang.

“Sekarang anggota kami sudah 24 orang dengan fokus budidaya cabai, tumpang sari bawang merah, kubis dan bunga kol. Sehubungan hal itu kami minta tolong dukungan dari pemerintah atas apa yang kami tanam ini,” ujar Yulisman seraya menyebutkan tanaman cabai yang ditanam dan siap panen sekarang berjumlah 500 batang.

Lebih lanjut Yulisman menjelaskan, pada tahun 2017 lalu pihaknya menerima bantuan pupuk, benih dan pestisida dari PT East West Seed cap Panah Merah.

Sementara harapan kepada Pemkab Kuansing, sebut Yulisman, agar kelompok tani mereka diberi bantuan pembuatan rumah kompos, sumur bor untuk menyiram tanaman, dan rumah pembenihan.

Terkait dengan harapan Kelompok Tani Beken Jaya itu, Bupati Mursini dalam kata sambutannya berjanji akan memenuhinya secara bertahap. Seperti sumor bor tersebut akan diupayakan melalui anggaran 2019.

Melihat subur dan baiknya pertumbuhan dan hasil panen cabai yang dimiliki Kelompok Tani Beken Jaya hal ini ditandai dengan bentuk buah yang panjang-panjang dan besar, bupati menjelaskan bahwa kualitas cabai yang dimiliki Kuansing tidak kalah dengan cabai dari daerah Sumatera Barat (Sumbar).

“Rupanya kualitas cabai daerah kita bisa bersaing dengan daerah lain, bahkan lebih bagus kalau saya lihat. Kalau kita punya cabai seperti ini, masyarakat beli saja cabai dari daerah kita sendiri, karena secara kualitas tidak kalah,” terang bupati.

Bupati Mursini juga mengharapkan masyarakat lain bisa mencontoh Kelompok Tani Beken Jaya ini sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. (shr)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *