Kampus  

Wow! Dari Tangan Siswi Ini, Air Kencing Justru Bermanfaat Sebagai Pupuk Organik

LAMANRIAU.COM, BOGOR – Sekelompok siswa-siswi yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 6 Kota Bogor, Jawa Barat menciptakan pupuk organik yang terbuat dari air seni atau urine manusia.

Siswi kelas 8 SMP Negeri 6 Kota Bogor yang juga salah satu anggota KIR, Adinda Aisyah Lesmana mengatakan pupuk organik tersebut diberi nama Pourin yang dicetuskan pembinanya, Rini.

Adinda menjelaskan proses pembuatan Pourin ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Air seni yang mayoritas didapat dari pelajar laki-laki di sekolah tersebut dikumpulkan untuk kemudian diolah.

“Urin ditampung di wadah khusus kemudian dicampur sedikit air, cairan Efektive Microorganism 4 (EM4), dan sari kulit jeruk supaya tidak bau,” kata Irvine, saat acara Gebyar Pendidikan SMP Kota Bogor, di Bogor Trade World (BTW), baru-baru ini.

Air seni yang sudah dicampur bahan-bahan tersebut didiamkan selama dua minggu sebelum di kemas ke dalam botol plastik. Menurutnya, Pourin dapat menyuburkan tanan terutama yang memiliki buah.

“Sudah diuji. Kami coba di tanaman cabai, tadinya hanya menghasilkan dua mangkok, tapi setelah disiram Pourin jadi lima mangkok. Kandungan dan rasa cabainya tetep sama, pedes juga,” paparnya.

Adinda menambahkan, pada tahun 2016 inovasi dari kelompoknya ini pernah mendapat apresiasi dari mantan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto. Mereka pun juga pernah mengikuti lomba karya ilmiah remaja baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Saat ini, pupuk organik tersebut belum dijual secara bebas ke masyarakat umum. Kelompoknya hanya menjual Pourin ke tamu yang datang ke sekolahnya.

“Setelah rapi dimasukan ke botol plastik, pupuk ini kami dijual Rp5 ribu per botolnya. Tapi kami belum pasarkan ke luar sekolah, baru ditawarkan ke setiap tamu yang datang ke sekolah saja,” ungkapnya. (okz)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *