Saksikan Debat Publik Pilkada Riau 2018 Malam Ini di Tv One

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menyelenggarakan Debat Publik perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018, Jumat (27/4) malam ini.

 

Kegiatan yang akan disiarkan stasiun Tv One dari Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar ini akan dimulai pada pukul 19.40 WIB hingga 21.00 WIB. KPU mempersiapkan acara ini secara menarik dan sekaligus mengkampanyekan antihoaks dan SARA agar tercipta Pilkada sehat.

 

“Debat Cagub kali ini berbeda dengan debat kandidat sebelumnya yang telah dibuat KPU Riau. Perbedaan ini disesuaikan dengan misi kami yang mengkampanyekan politik yang antihoaks dan SARA,” kata Ketua KPU Riau, Nurhamin.

 

Nurhamin menjelaskan, pihaknya sudah mengatur sistem debat publik dengan pertanyaan-pertahyaan untuk para kandidat sehingga tidak liar dan mengambang. Selain itu tentunya disesuaikan dengan tema yang sudah disepakati yakni Makmur di Negeri Melayu.

 

“Kita juga sudah melibatkan 12 orang tim perumus yang merupakan pakar di bidang masing-masing untuk menyusun pertanyaan bagi para kandidat,” sebut Nurhamin

 

Bentuk debat tersebut nantinya dimana pihak KPU akan memberi kesempatan kandidat untuk bertanya kepada kandidat lain. “Namun bedanya, pertanyaan yang ditanyakan sudah disiapkan oleh tim perumus. Kandidat tinggal memilih saja, jadi tidak spontan pertanyaannya,” jelas Nurhamin.

 

Dengan demikian, masing-masing kandidat akan memiliki kontrol terhadap pertanyaannya dan tidak saling menyerang, khususnya yang berbau SARA. “Ini akan membuat suasana lebih kondusif. Berdasarkan pengamatan kita juga, suasana debat yang saling menjatuhkan juga tidak mengangkat angka partisipasi pemilih,” imbuhnya.

 

Dia menambahkan KPU Riau juga akan menyampaikan pertanyaan yang sudah direkap dari masyarakat. Pertanyaan ini nantinya akan ditujukan ke seluruh paslon.

 

Untuk kehadiran penonton pada debat kandidat nanti, KPU juga mengundang pendukung dari masing-masing paslon sebanyak 100 orang. Dengan undangan lainnya diperkirakan kapasitas ruangan 600 orang. “Kita sarankan juga kepada masyarakat melihat langsung di TV One untuk mengetahui visi misi dari kandidatnya,” pungkas dia. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *