Ini Cara Membedakan Kurma Manis Asli dengan Manis Buatan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kurma jadi salah satu buah favorit saat bulan Ramadhan untuk sahur, dan berbuka puasa. Buah asal Timur Tengah ini ternyata memiliki banyak jenis, dan ragam cerita di baliknya.

Lebih dari 10 jenis kurma yang buasanya terdapat dipasaran. Jenisnya mulai dari kurma tunisia, kurma madu mesir, kurma nabi atau ajwa, kurma medjool atau california, kurma sukari, kurma khanaizi, kurma naghal dan masih banyak lagi.

Kelezatan kurma salah satunya berasal dari rasa manisnya yang kaya. Berkat rasa manisnya, kurma pun lazim dijadikan takjil berbuka puasa, juga untuk pemanis kue, minuman, dan lainnya.

Namun, banyak masyarakat yang tidak mengetahui ataupun salah beli, bisa-bisa Anda membeli kurma dengan rasa manis buatan hingga menyebabkan batuk hingga mengalami gejala panas dalam yang umum disebut Sariawan usai mengkonsumsinya.

Ini cara mudah membedakan kurma yang manisnya asli, dengan kurma yang manisnya buatan.

1. Rasa manis yang berlebihan

Rasa manis yang dihasilkan kurma dengan manis buatan berasal dari gula biasanya, sehingga menghasilkan manis yang amat. Bahkan menurut Ivan kerap ngilu di gigi.

“Memang ada kurma madu mesir yang juga manis sampai ngilu di gigi, tapi rasanya stabil, tiap kurmanya sama manisnya merata. Kalau yang manis buatan tak sama rata manisnya,” jelasnya.

2. Dikerubuti semut

Salah satu cara membedakannya juga dengan dibiarkan di ruangan terbuka. Jika dikerubuti semut, maka kurma tersebut menggunakan pemanis tambahan.

“Kurma di kotak-kotak tidak jamin murni manisnya, kadang ada juga yang merek kurang bagus malah dikerubuti semut, tapi yang kurma curah ditaruh di luar ga dikerubuti semut,” jelasnya.

3. Manisnya di dalam, bukan di luar

Terakhir, bisa dirasakan dari lapisan luar kurma. Kurma dengan manis asli, lapisan luar atau selaput kurmanya tidak ada rasa manis.

Berbeda dengan kurma yang diberi pemanis tambahan, kulit luar kurma akan terasa manis, karena terkena glukosa tambahan. (Ferry Anthony)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *