Warga Temukan Terowongan di Desa Talang Jerinjing Inhu, Diduga Peninggalan Jepang

LAMANRIAU.COM, INHU – Sejumlah warga yang menamakan dirinya tim ekspedisi rimba yang terdiri dari Sawalis, Eri Hasibuan, Engli Jaya, Musdiansyah dan Harianto alias Nai berhasil menemukan sebuah bangunan yang diduga merupakan peninggalan jepang.

Lokasi penemuan bangunan tersebut berada di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten. Indragiri Hulu (Inhu) tepatnya disebuah perkebunan sawit milik seorang warga keturunan.

Adapun sisa bengunan yang ditemukan tersebut adalah 4 (empat) buah pilar yang diduga sebagai tapak tower, lubang dengan lebar 4×4 meter dan memiliki kedalaman sekitar 5 meter yang didalamnya memiliki terowongan.

Eri Hasibuan salah seorang darib tim ekspedisi, mengatakan bahwa berawal dari adanya cerita orang tua-tua yang mengatakan bahwa di Desa Talang Jerinjing ini dulunya ada tower pemancar.

Dari situ pada sabtu (2/6/2018) kemarin kita melakukan ekspedisi dengan memasuki berbagai lokasi yang diduga sebagai tempat berdirinya tower tersebut,” terangnya.

Lokasi tapak tower tersebut berada didalam kebun kelapa sawit milik warga, dan sudah dutumbuhi pepohonan, sehingga lubang tersebut tertutup.

“Lubang yang ada terowongan itu berada ditengah-tengah 4 pilar yang diduga sebagai tapak tower,” terangnya lagi.

Menurut cerita yang kita dapat, tower tersebut dulunya memiliki tinggi ratusan meter, yang berfungsi untuk komunikasi bagi tentara jepang terhadap daerah lainnya, termasuk hubungan ke negaranya.

“Namun seiring dengan berjalannya waktu tidak diketahui siapa yang membongkar tower-tower tersebut, dan bahkan masyarakat sudah melupakan keberadaan tower itu,” katanya.

Bahkan menurut Eri, berdasarkan informasi yang kita dapat dulunya ada 4 buah tower yang dibangun jepang di Desa Talang Jerinjing ini.
Dimana setiap towernya memiliki terowongan yang saling berhubungan,” ujarnya.

Dirinya berharap, jika yang mereka temukan ini benar merupakan bangunan sisa penjajahan jepang, dan memiliki terowongan dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Inhu.

“Itu artinya Kabupaten Inhu juga memiliki Objek Wisata terowongan Jepang, yang nantinya menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke desa Talang Jerinjing ini,” harapnya. (Ferry Anthony)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *