Riau  

Komponen Masyarakat Riau Dukung LAMR Soal Blok Rokan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sejumlah komponen masyarakat Riau mulai dari tokoh masyarakat, tokoh adat, paguyuban, tokoh pemuda, mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perguruan tinggi di Riau, serta para aktivis mendukung penuh agar pengelolaan ladang minyak Blok Rokan diserahkan kepada Riau melalui perusahaan di daerah ini.

Ini merupakan dukungan terhadap harapan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) berkaitan dengan ladang minyak itu sebelumnya. Dukungan itu sendiri terungkap pada pertemuan mengenai Blok Rokan, di Balai Adat Melayu Riau, Kamis (26/7) malam.

Tampak hadir pada pertemuan tersebut antara lain Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri Syahril Abubakar, anggota Majelis Kerapatan Adat (MKA) Tengku Lukman Jaafar, Sekretaris Komisi C DPRD Riau Suhardiman Ambi, anggota DPRD Riau Bagus Santoso, tokoh Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR), yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Riau Suryadi Khusaini, Ketua DPH LAMR Zulkarnaen Noerdin, praktisi perminyakan, Nawasir Kadir, Ahmiyul Rauf dan lain-lain.

Anggota MKA LAMR Datuk Tarlaili yang tampil memandu pertemuan mengatakan Blok Rokan saat ini dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Kontrak CPI ini akan berakhir pada 8 Agustus 2021 mendatang. “Untuk itu, kami ingin meminta masukan dari yang hadir terkait akan berakhirnya kontrak pengelolaan Blok Rokan ini,” kata Tarlaili.

Sekretaris Komisi C DPRD Riau Suhardiman Ambi mendukung adanya keinginan agar Riau bisa mengelola Blok Rokan yang sudah sejak lama dikelola asing. Namun perlu keseriusan dan kesungguhan untuk memperjuangkannya.

Anggota DPRD Riau Bagus Santoso juga mengatakan perlu kekompakan dalam upaya memperjuangkan Blok Rokan ini. Perlu dilakukan gerakan yang masif namun memerlukan strategi yang tepat.

Pada pertemuan tersebut semua komponen masyarakat Riau yang hadir bersepakat untuk berjuang agar Provinsi Riau dapat mengelola Blok Rokan. Dalam upaya perjuangan tersebut, juga disepakati pembentukan tiga tim, yaitu tim kajian akademis, tim hukum, dan tim lapangan yang beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian di bidangnya.

Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar memberikan apresiasi atas dukungan dari para komponen masyarakat Riau yang hadir terhadap agar pengelolaan ladang minyak Blok Rokan diserahkan kepada Riau. Syahril mengajak bergerak bersama-sama untuk memperjuangkan apa yang telah menjadi keinginan masyarakat Riau itu.

“LAMR siap karena ini adalah perjuangan untuk masyarakat rakyat Riau. LAMR berterima kasih. Dengan mengucapkan bismillah, Gerakan Menuntut Blok Rokan Dimulai,” tegas Syahril. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *