Orkestra Spanyol Siap Unjuk Gigi di Anjungan Idrus Tintin Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Konser Vinculos dari kelompok orkestra Ocas asal Asturias, Spanyol akan digelar kembali memperingati hubungan diplomatik Indonesia-Spanyol, satu di antaranya akan digelar di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru.

“Mereka akan berkolaborasi dengan musisi Riau, Rino Dezapaty dari Riau Rhytim Chambers Indonesia (RRCI), di mana konser dilakukan di Anjung Seni Idrus Tintin tanggal 17 Agustus malam,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen, Selasa (31/7).

Dia mengaku begitu senang menyambut kembali kehadiran kelompok okestra Ocas serta digelarnya konser Vinculos Untuk Indonesia 2018 ini. Dengan tema menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, persatuan dalam kemajemukan, kegiatan Vinculos dibuka di kota Ambon.

Menurut Yose yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Riau ini, rombongan Vinculos dari Ambon, kunjungan OCAS dalam program Vinculos akan bertolak menuju Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, di Sulawesi Tengah, serta Kota Pekanbaru di Riau dan Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi dengan musisi lokal di masing-masing daerah tersebut.

Vinculos merupakan bagian dari komitmen kuat Indonesia untuk memperkuat kerja sama kebudayaan antara Pemerintah Indonesia dan Spanyol, serta bagian dari upaya strategis diplomasi budaya yang efektif dan produktif dengan sasaran meningkatnya partisipasi dan peran aktif Indonesia dalam percaturan budaya dunia.

Pemerintah Daerah Riau menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasama yang baik kepada para pendukung acara ini. Sejumlah kegiatan dijadwalkan akan dilaksanakan sepanjang rangkaian Vinculos 2018 antara lain adalah kunjungan, lokakarya dan konser di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

Grup okestra Ocas juga akan berkolaborasi bersama musisi lokal dan masyarakat Ambon dengan menggelar flash mob atau tarian massal di Maluku City Mall serta konser besar di Taman Budaya Ambon.

Sementara itu berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya juga digelar di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong seperti loka karya, kunjungan sosial, tarian massal dan konser kolaborasi.

Beberapa agenda istimewa di Sulawesi Tengah ini meliputi konser kolaborasi bersama Palu Percussion yang akan diselenggarakan di Taman Hutan Kota Kaombona serta konser di Festival Vula Dongga di Kabupaten Parigi Moutong.

Selama di Riau, rombongan yang tiba tanggal 15 Agustus baru tanggal 16 dilakukan latihan bersama dengan pelajar se-Pekanbaru di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau dan latihan bersama RRCI di Anjung Seni Idrus Tintin, serta konser di RTH Kaca Mayang.

“Tim pendukung sudah mengadakan rapat awal dengan Gubernur Riau, dan gubernur sangat mendukung dengan meminta OPD terkait untuk mendukung kegiatan diplomasi budaya ini,” jelasnya. (rmc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *