Diragukan Kehahalan, Kemenkes Tunda Imunisasi Rubella bagi Umat Muslim

Pertemuan Menteri Kesehatan dengan Majelis Ulama Indonesia

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI memutuskan untuk menunda pemberian vaksin Measles Rubella (MR) bagi masyarakat muslim hingga produk tersebut mendapat sertifikat halal.

Keputusan tersebut merupakan hasil pertemuan Menkes Nila Moeloek dengan Ketua MUI Ma’ruf Amin untuk membahas polemik yang diproduksi Serum Institute of India (SII) itu di Kantor MUI, Jalan Proklamadi, Jakarta, Jumat (3/8).

“Menkes RI menunda pelaksanaan imunisasi MR bagi masyarakat Muslim sampai ada kejelasan hasil pemeriksaan dari produksen (SII) dan ditetapkan fatwa (halal) MUI,” kata Sekretaris Komisi Fatwa Asrorun Niam Sholeh, Sabtu (4/8).

Niam menjelaskan, Kemenkes beserta PT Biofarma sebagai importir vaksin MR dari SII berkomitmen untuk segera mengajukan sertifikasi halal dan permohonan fatwa untuk imunisasi dari MUI.

“Keresahan yang muncul di tengah masyarakat mengenai kesimpangsiuran informasi tentang kehalalan perlu segera direspon secara bijak dan agar ada kepastian serta ada panduan keagamaan yang tepat,” tuturnya.

Menkes Nila, lanjut Niam, akan mengirim surat ke SII untuk meminta dokumen terkait bahan-bahan produksi vaksin dan akses auditing guna mendapatkan sertifikasi halal.

Sebagai gantinya, komisi fatwa MUI berkomitmen untuk membahas dan menetapkan fatwa tentang imunisasi MR dalam waktu secepatnya.

Sementara bagi masyarakat yang tidak memiliki keterikatan pada kehalalan atau kebolehan secara syar’i, tetap diberikan imunisasi MR. (trn)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *