Putra Riau Ikut Menggagas Berdirinya Wadah Pendukung Jokowi-Ma’ruf #CAKRA19

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Sehubungan dengan berlangsungnya agenda politik nasional Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, sejumlah purnawirawan TNI bersama komponen anak bangsa lainnya bersatu dalam wadah yang dinamakan #CAKRA19.

Deklarasi #CAKRA19 sendiri berlangsung Minggu pagi, 12 Agustus 2018, sekitar pukul 09.30 WIB, bertempat di Singosari Room, Hotel Borobudur, Jakarta. Turut hadir dalam deklarasi itu Menko Maritim Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan yang langsung didaulat sebagai Senior #CAKRA19.

Menurut salah seorang penggagas #CAKRA19 yang juga putra Riau, Supirman, wadah ini merupakan tempat berkumpulnya para tokoh bangsa dan militer seperti Mantan Menseskab Andi Widjajanto, Mayjen TNI Purn Andogo Wiradi, Letjen TNI Purn Eko Wiratmoko, Letjen TNI Purn Lodwijk F Paulus, Mayjen TNI Purn Winston Simanjuntak, Mayjen TNI Purn Yudi Harianto, Mayjen TNI Purn Istu Hari Subagio, dan Laksda TNI Purn Iskandar Sitompul.

Selain itu ada juga Mayjen TNI Purn H Harry Purdianto, Letjen TNI Purn Hinsa Siburian, Brigjen TNI Purn Juanda, Marsda TNI Purn Usra Hendra Harahap, Kol Purn Harry Guritno, Budi Santoso, Brigjen TNI Purn Nur Godang, Mayjen TNI Ero Kusnara, Mayjen TNI Gautama, Supirman sendiri serta sejumlah purnawirawan TNI dan elemen masyarakat yang tersebar di penjuru tanah air.

“Kita semua berkumpul mengadakan Deklarasi Dukungan kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin, sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019,” ungkap Supirman.

#CAKRA19, menurut Supirman, berasal dari kata Cakra. Cakra merupakan kata yang berasal dari Sanksekerta, dalam budaya maupun filsafat Asia khususnya Indonesia, diartikan sebagai pusat energi, roda atau lingkaran dari kekuatan-kekuatan positif yang dilengkapi kreatifitas dan kebebasan berekspresi, guna mencapai tujuan bagi kebaikan bersama.

“Nilai filosofis Cakra, menjadi landasan pemikiran sejumlah anak bangsa, dari berbagai kalangan, khususnya TNI yang sepanjang karirnya mengabdi pada bangsa dan negara, tanpa mengenal lelah untuk mempertahankan kedaulatan negara, bahkan mempertaruhkan jiwa raga demi tegaknya NKRI,” paparnya.

Semua elemen yang bergabung dalam #CAKRA19 ini, baik di pusat maupun di berbagai daerah, imbuh Supirman, telah menyamakan sikap maupun pilihan, dan bertekad untuk ikut bekerja, berjuang memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin, karena dinilai sebagai pemimpin yang mampu membawa kemajuan pembangunan nasional di berbagai sektor, demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, sebagai muara dari demokrasi itu sendiri.

“CAKRA19 melihat sosok kepemimpinan Presiden Jokowi yang dalam periode kedua didampingi oleh tokoh ulama terkemuka KH Ma’ruf Amin, sangatlah berkomitmen dalam pemberantasan korupsi, serta mengutamakan tegaknya NKRl yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Kebhinekaan bangsa Indonesia, sebagai warisan nasional dari para founding fathers,” tegasnya. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *