Prediksi Earthquakes Terbukti, BMKG Nyatakan Isu Gempa 7,0 SR Hoaks

Reruntuhan bangunan pasca gempa bumi yang terjadi di Lombok Barat.

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Prediksi dari Earthquakes & Weather terkait kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan berskala 7,0 Skala Richter malam ini terbukti benar. Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan info itu adalah hoaks.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan pesan berantai di Facebook dan Whatsapp mengenai prediksi gempa 7.0 magnitudo yang akan terjadi di Lombok dalam kurun waktu 10 hari kedepan tidak benar.

Pesan tersebut disebarluaskan oleh pihak yang mengatasnamakan organisasi Earthquakes & Weather. Selain itu dijelaskan juga bahwa gempa tersebut dikaitkan dengan kejadian gempa 6,5 magnitudo yang terjadi pada 17 Agustus 2018.

“Mohon warga tidak percaya begitu saja. Cek dan ricek kembali kalau ada informasi yang diterima. Jangan kemudian malah ikut menyebarkan hoax yang membuat rasa cemas dan panik semakin menjadi-jadi. Info tersebut menyesatkan,” ujar Dwikorita melalui siaran pers BMKG, Sabtu (18/8).

Dwikorita menjelaskan sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan dan seberapa kuat kejadian gempa bumi terjadi secara pasti. Artinya jika ada informasi berisi ramalan dan prediksi menyebutkan kapan dan seberapa kuat gempa akan terjadi, bisa dipastikan itu adalah kabar bohong alias hoaks.

“Mulai dari skala kecil hingga besar, mulai yang tidak dirasakan sampai yang dapat dirasakan oleh manusia. Tidak ada satupun gempa yang lewat dari pengawasan BMKG,” kata Dwikorita.

Selain itu, Dwikorita juga mengatakan bahwa setiap hari Indonesia memang mengalami gempa bumi dengan kekuatan yang bervariasi. Hal ini terjadi karena kondisi geologis Indonesia yang dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng kulit bumi, yakni Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. (krn)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *