Yayasan BSK Gelar Pameran Kaligrafi Arab Melayu

Junaidi Syam

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Yayasan Bangsal Seni Kita (BSK) akan menggelar Pameran Khat Jawi (Kaligrafi Arab Melayu) bertema Ragam Hias Allah-Muhammad pada 21 hingga 28 September 2018 di Balairung Tenas Effendy, Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Kurator pameran Ambar B Arini mengatakan pameran Kaligrafi Arab Melayu yang akan menampilkan karya seniman Junaidi Syam (Jon Kobet) yang terinspirasi dari naskah kuno Melayu ini menurut rencana akan dibuka oleh Wakil Gubernur Riau Drs. H. Wan Thamrin Hasyim, Jumat ( 21/9) malam.

Adapun bentuk kegiatan meliputi pameran karya kaligrafi Arab Melayu, bual-bual; gelanggang khat Jawi (Sabtu 22/9), performance art dan lelang karya, serta bazaar karya seni khat Arab Melayu (Ahad 23/9). Semua kegiatan akan dipusatkan di Balai Adat Melayu Riau.

Menurut Ambar, pameran kaligrafi ini bertujuan memperkenalkan aktivitas Yayasan BSK melalui pameran perdana karya seni rupa terkait aktivitas konservasi kelestarian alam, produksi art and craft, program religius Islami, wisata berbasis syariat, ruang edukasi berbasis syariat dan khazanah Melayu.

Selain itu, untuk menciptakan karya bermartabat demi menyumbang perubahan positif dalam tatanan sosial dan memberi faedah bagi umat manusia maupun individu.

Adapun komposisi karya yang akan ditampilkan pada pameran tunggal Jon Kobet yang merupakan budayawan/seniman penerima Anugerah Sagang tahun 2017 ini yaitu khat indah dan khat simbolik.

Khat indah terdiri dari pertama, khoth berbusana ragam hias; kaligrafi yang dikomposisi dengan pola-pola ragam hias.

Kedua, pola ragam hias yang membentuk khath (aksara); menciptakan struktur pola ragam hias menjadi kaligrafi. Ketiga, khath atau kaligrafi yang berfungsi sebagai hiasan (iluminasi atau zukhrufah).

Khat simbolik terdiri dari lafal Aḷlāh dan nama Muhaṁmad membentuk gambar lambang beragam senjata berupa; pedang, keris, siwah atau tumbuk lada, meriam, trisula, juga membentuk kapal, marwal (bendera) dan destar. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *