Jelang Ambil Raport, Siswa SDN 001 Tembilahan Ikuti Literasi Budaya Religius Syair Ibarat Khabar Kiamat

LAMANRIAU. COM, TEMBILAHAN –Banyak kegiatan classmeeting yang dilakukan sekolah setiap jelang pengambilan raport hasil belajar. Demikian halnya dengan SDN 001 Tembilahan, berbagai kegiatan lomba antar kelas pun digelar seperti bidang olahraga, seni, dan agama.

“Dari berbagai cabang lomba itu ada jenis lomba yang baru kali ini kita laksanakan, yakni lomba membaca Syair Ibarat Khabar Kiamat. Hal ini disebabkan ekstrakurikuler Literasi Syair Ibarat baru menjadi program sekolah yang kita laksanakan di semester ini,” ujar Nurlaila Purnama, SPd.I selaku guru koordinator.

Di tengah lomba Syair Ibarat Khabar Kiamat yang ditaja Senin, (17/12), Nurlaila Purnama mengatakan bahwa kegiatan literasi dilaksanakan dengan memperkenalkan budaya bersyair masyarakat Indragiri Hilir, mempelajari cara membaca syair, dan pemahaman konsep tentang makna terkandung dari Syair Ibarat Khabar Kiamat yang dikarang oleh Mufti Kerajaan Indragiri yakni Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Muhammad Afif Albanjari.

“Hal tersebut berguna untuk pembentukan karakter siswa sebagai bagian kecakapan yang harus dimiliki pada abad 21 ini,” tambahnya.

Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Syair Ibarat Khabar Kiamat ditutup dengan Lomba Membaca Syair antar kelas ini mendapat sambutan apresiasi oleh kepala sekolah, guru dan siswa.

“Inspirasi ini patut mendapatkan apresiasi positif dari kita semua. Semoga berawal dari sini sekolah kita akan menemukan bibit dan bisa mengutus peserta lomba membaca Syair tingkat kecamatan ataupun kabupaten,” ungkap Kepsek SDN 001 Tembilahan Taslim, S.Pd.,M.Pd.

Sementara itu Andi Saputra, S. Pd selaku guru pembimbing membaca syair yang sekaligus juri bersama Maimanah S.Pd, Khairunnisa, dan Hj. Dahlia S.Pd mengatakan baru semester ini ada kegiatan ekstrakurkuler Syair Ibarat Khabar Kiamat.

“Insya Allah saya akan berusaha semaksimal mungkin agar siswa mendapat pembelajaran yang terbaik” harap Andi. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *