Rapat Paripurna LKPJ Gubernur 2018 dan LKPJ AMJ Gubernur 2014-2019

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – DPRD Riau menggelar rapat paripurna Penyampaian Jawaban Pemprov Riau terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Provinsi Riau Tahun 2018, dan LKPj Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah Provinsi Riau Tahun 2014-2019.

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman yang dihadiri 33 anggota Dewan, Senin (4/3).

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas berbagai pandangan kritis, pertanyaan, saran, serta masukan yang disampaikan fraksi-fraksi di DPRD Riau.

Penyampaian pertama dilakukan untuk menjawab pandangan umum Fraksi Golkar.Terhadap pandangan umum Fraksi Golkar mengenai penurunan jumlah penduduk miskin, Pemprov kata dia, senantiasa berupaya untuk menekan angka kemiskinan dengan berbagai program yang pro-poor. Kemudian dia juga menjelaskan upaya-upaya meningkatkan PAD, Pemprov sependapat diperlukannya langkah-langkah inovatif.

Lalu, Hijazi menanggapi sejumlah pandangan, kritikan, dan saran yang disampaikan Fraksi PDIP. Seperti terkait belanja daerah.

Dikatakannya, dalam mengalokasikan anggaran khususnya belanja daerah, Pemprov Riau melakukan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah dilakukan sesuai dengan RPJMD Provinsi Riau Tahun 2014-2019.

“Proporsi penganggaran masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan berdasarkan verifikasi proposal usulan prioritas daerah kabupaten/kota,” sambungnya.

Usai itu, Hijazi kemudian menjawab tanggapan dari Fraksi Demokrat. Lalu, menjawab tanggapan dari Fraksi PAN,
Fraksi Gerindra Sejahtera, Fraksi Golkar, Fraksi PKB, Fraksi PPP, serta Fraksi Nasdem-Hanura.

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pansus, sebanyak 19 orang Dewan ditunjuk sebagai Panitia Khusus LKPjKepala Daerah Provinsi Riau Tahun 2018, dan LKPj AMJ Kepala Daerah Provinsi Riau Tahun 2014-2019.

Usai paripurna, Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, mengapresiasi jawaban yang disampaikan Pemprov Riau dalam rapat paripurna tersebut. Menurut dia, jawaban tersebut sangat rinci, lengkap dan disertai data.

“Beliau menyampaikan dengan data, dan menjawab semua pertanyaan yang kami tanyakan kemarin. Semua disampaikan dengan lengkap,” ujar politisi yang akrab disapa Dedet itu.

Dengan begitu, dia berharap pansus yang telah dibentuk mempunyai gambaran yang jelas terkait apa yang akan dibahas. “Karena laporan itu jawabannya dilengkapi dengan laporan yang rinci, kemudian ada datanya,” sebut Dedet.

Dalam kesempatan itu, pansus tersebut akan bekerja selama 30 hari ke depan. Dan itu dapat diperpanjang. “Setelah itu, pansus melaporkan hasil kerjanya dalam sebuah rapat paripurna,” pungkas Dedet. (ADV)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *