49 Orang Tewas di Sebuah Masjid di Selandia Baru

LAMANRIAU.COM, SELANDIA – Seorang pria bersenjata yang diyakini merupakan warga Australia berusia 28 tahun telah menembaki kerumunan orang di sebuah masjid di Selandia Baru. Dalam kejadian itu, anak-anak menjadi korban dan sedikitnya 49 orang dilaporkan tewas. Jumat (15/03/19).

saksi mata menyebutkan mendengar terjadi 50 tembakan dari senjata pelaku termasuk senapan semi-otomatis di Masjid Al Noor di Christchurch di Pulau Selatan negara itu.

Pria bersenjata itu yang mengidentifikasi dirinya di Twitter sebagai Brenton Tarrant, menyiarkan langsung penembakan massal di dalam Masjid Al Noor, yang terjadi sekitar pukul 1.30 siang waktu setempat, ketika salat Jumat sedang berlangsung.

Sebuah video yang ditemukan oleh Daily Mail Australia menunjukkan pria itu menembakkan banyak tembakan ke puluhan orang ketika mereka mencoba melarikan diri. Seorang tersangka ditahan tetapi tidak jelas apakah itu penembaknya.

Orang yang dicurigai sebagai penembak memposting ‘manifesto 87 halaman’ ke Twitter sebelum pembunuhan, yang menggambarkan aksi mereka sebagai ‘serangan teroris’.

Orang-orang juga dilaporkan ditembak di Masjid Linwood yang berada kawasan di dekatnya.

Ada juga laporan penembakan lain di luar Rumah Sakit Christchurch dan bahwa sebuah bom ditemukan di sebuah mobil tiga kilometer dari masjid.

Polisi mendesak orang-orang di dekat daerah itu untuk tetap di dalam rumah dan melaporkan perilaku mencurigakan.

Imbauan Untuk Tidak ke Masjid

Komisaris Polisi di Selandia Baru Mike Bush mengatakan ada banyak korban sebagai akibat dari penembakan di dua masjid dan di Rumah Sakit Christchurch.

Dia mendesak umat Islam di Selandia Baru untuk tidak pergi ke masjid hari ini.

Bush mengatakan satu orang ditahan.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan serangan itu adalah ‘salah satu hari paling gelap di Selandia Baru’.

“Pikiranku, dan aku yakin pikiran semua warga Selandia Baru, ada bersama mereka yang telah terpengaruh, dan juga dengan keluarga mereka,” katanya.

“Pikiranku juga untuk orang-orang di Christchurch, yang masih berurusan dengan situasi yang sedang berlangsung.”

Serangan Disiarkan Secara Online

Dalam video, pelaku memasuki Masjid Al Noor pada hari Jumat untuk melepaskan tembakan.

Video ‘mengerikan’ yang disiarkan di Facebook-nya menunjukkan palaku menembak lebih dari 100 tembakan pada orang-orang di dalam masjid.

Senjatanya ditulis dengan nama-nama pembunuh massal masa lalu dan kota-kota tempat penembakan terjadi.

Amukan pria bersenjata itu dimulai ketika ia masuk ke mobilnya mengenakan pelindung tubuh bergaya militer dan sebuah helm yang mengatakan ‘mari kita mulai pesta ini’.

Dia kemudian pergi ke masjid mendengarkan musik rakyat dan lagu-lagu militer sebelum parkir di sebuah gang di sudut kawasan masjid.

Setelah mengambil salah satu dari setidaknya enam senjata yang tersimpan di mobilnya, dia berjalan ke pintu depan dan mulai menembak tanpa pandang bulu pada jamaah di dalam.

Pria bersenjata itu menyerbu masuk dengan ‘membabi buta’ melepaskan tembakan kepada siapa pun yang dilihatnya. Seorang lelaki yang terluka mencoba merangkak pergi tetapi ditembak lagi setelah dia dengan tenang mengisi ulang peluru senjata.

Dia menembak ke kerumunan orang yang beribadah. Ketika suara senjatanya berhenti, erangan orang-orang yang terluka terdengar sampai tembakan dimulai lagi.

Beberapa kali dia berdiri di depan orang-orang yang terluka, dengan tenang mengisi kembali senjatanya, lalu menembak mereka beberapa kali untuk memastikan mereka mati.

Manifesto Pelaku

Dalam manifesto pelaku yang dibagikan ke Twitter, ia menyebutkan terinspirasi oleh penembak lain termasuk Anders Breivik yang menewaskan 77 orang di Oslo, Norwegia pada 2011.

Dia mengatakan, dia ‘tidak menyukai’ orang Islam dan membenci mereka yang telah pindah agama, dengan menyebut mereka ‘pengkhianat darah’.

Penembak itu mengatakan dia awalnya ingin menargetkan masjid di Dunedin, selatan Christchurch, setelah menonton video di Facebook.

“Tetapi setelah mengunjungi masjid-masjid di Christchurch dan Linwood dan melihat penodaan gereja yang telah dikonversi menjadi masjid di Ashburton, rencana saya berubah,” tulis pelaku.

“Masjid-masjid Christchurch dan Linwood memiliki lebih banyak ‘penjajah’.”

Penembak itu mengatakan dia termotivasi untuk melakukan serangan itu dengan kematian anak sekolah Swedia Ebba Akerlund, seorang gadis yang terbunuh dalam serangan teroris di Stockholm pada April 2017.

Penembak itu mengatakan dia adalah pendukung Donald Trump sebagai ‘simbol identitas kulit putih yang diperbarui dan tujuan bersama’.

Dia menggambarkan dirinya sebagai ‘hanya orang kulit putih biasa’.

Dia mengatakan dia dilahirkan di “kelas pekerja, keluarga berpenghasilan rendah … yang memutuskan untuk mengambil sikap untuk memastikan masa depan bagi rakyat saya.”

Pria bersenjata itu mengatakan dia melakukan pembantaian dengan tujuan ‘secara langsung mengurangi tingkat imigrasi ke tanah Eropa’.

Dia mengatakan Selandia Baru bukan ‘pilihan awal’ untuk serangan itu tetapi mengatakan lokasi itu akan menunjukkan ‘bahwa tidak ada tempat di dunia yang aman.’

“Kita harus memastikan keberadaan rakyat kita, dan masa depan untuk anak-anak kulit putih,” tulisnya.

Dia menulis bahwa penembakan itu adalah ‘tindakan balas dendam pada penjajah atas ratusan ribu kematian yang disebabkan oleh penjajah asing di tanah Eropa sepanjang sejarah’.

“Untuk perbudakan jutaan orang Eropa yang diambil dari tanah mereka oleh budak-budak Islam … karena ribuan nyawa Eropa hilang akibat serangan teror di seluruh tanah Eropa,” tulis pria bersenjata itu.

Dia berbagi foto ke akun Twitternya yang sekarang sudah dihapus sebelum serangan, menunjukkan senjata dan peralatan gaya militer.**(rdk)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *