Jadi Kawasan Pedestrian, Gubernur DKI Jakarta Bakal Tata Kemang

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Anies Rasyid Baswedan Gubernur DKI Jakarta mengatakan, wilayah Kemang di Jakarta Selatan akan ditata dan  dijadikan kawasan ramah pejalan kaki atau pedestrian. Menurut Anies, penataan pedestrian di Kemang akan dituntaskan tahun ini.

“Jadi Insya Allah tahun ini akan dituntaskan. Jadi, saya garis bawahi bahwa ini akan menjadi salah satu percontohan bahwa alat transportasi yang dimiliki semua orang adalah kaki,” ujar Anies di kawasan Jakarta Barat, Senin (01/04).

Anies menjelaskan, kaki menjadi alat transportasi yang dimiliki oleh semua orang. Akan tetapi, menurut dia, setiap orang jarang menganggap kaki sebagai transportasi utama dan justru lebih memperhatikan kendaraan bermotor.

Untuk itu, Anies ingin membiasakan budaya masyarakat menggunakan kaki sebagai transportasi. Sehingga, kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membangun area pedestrian di wilayah Kemang dengan jalanan yang relatif diperlebar.

Menurut Anies, nantinya kawasan Kemang akan menjadi percontohan di mana ruang pejalan kaki menjadi lebih banyak. Kemudian Anies mengatakan, ruang untuk kendaraan bermotor akan dibatasi

“Nanti ada rekayasa lalu lintas, kemudian ada shuttle yang berputar terus menerus sehingga orang tidak harus masuk ke dalam kawasan. Disiapkan lahan parkir di luar kawasan untuk masuk kawasan itu,” tutur Anies.(Rpl)***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *