Halaman Masjid Raya Annur akan Dipasang Payung Raksasa

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau pada tahun 2020 mendatang merencanakan akan membangun payung berukuran besar di halaman Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hangtuah, Pekanbaru. Pembangunan payung raksasa itu terinspirasi dari Masjid Nabawi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau Syamsuar saat berkunjung ke Masjid Raya Annur bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Minggu (5/5) pagi. Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Riau juga turut mengajak Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto sebagai pelaksana teknis rencana kegiatan tersebut.

“Insya Allah di halaman depan Masjid Raya Annur ini akan dibangun payung besar seperti Masjid Nabawi. Untuk mewujudkan rencana tersebut, saya juga sudah meminta Kepala Dinas PUPR untuk segera membuat perencanaannya. Payung tersebut dibangun untuk memperindah masjid dan juga bisa digunakan untuk beribadah jika di dalam masjid penuh jamaah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto mengatakan, sebagai langkah awal pihaknya akan langsung perencanaan. Kemudian pada APBD perubahan 2019 mendatang atau pada penyusunan APBD 2020, akan dimasukkan anggaran sehingga pada tahun 2020 sudah bisa langsung dilakukan pengerjaan.

“Saya sudah perintahkan bidang tata bangunan di PUPR untuk membuat perencanaannya. Kalau untuk anggarannya In sya Allah akan dimasukkan pada APBD perubahan 2019 atau APBD 2020. Untuk berapa besaran anggarannya masih dihitung,” sebutnya.

Saat ditanyakan berapa jumlah payung yang akan dibuat, menurut Dadang, dari perkiraan awal pihaknya akan dibuat hingga 10 payung di halaman depan masjid. Untuk ketinggian payungnya, diperkirakan setinggi 10-15 meter.

“Untuk jumlah payungnya paling sedikit 10 payung akan dibangun dengan ketinggian 10 sampai 15 meter. Sedangkan lebar payung nya bisa sekitar 10×10 meter,” jelasnya.

Karena payung-payung tersebut akan dibangun di halaman depan masjid yang saat ini digunakan untuk lokasi parkir. Menurut Dadang, lokasi parkir akan dipusatkan disisi utara Masjid Raya Annur.

“Jadi lokasi parkir roda empat nantinya akan dipusatkan disisi utara masjid. Mudah-mudahan rencana pembangunan ini dapat berjalan lancar dan segera terealisasi,” harapnya.(rpc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *