Tim Satgas Masih Berjibaku Padamkan Karhutla di Giam Siak Kecil

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tim Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau masih berjibaku melakukan pemadaman kebakaran di kawasan hutan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

Karhutla yang melanda kawasan hutan itu sudah berlangsung lima hari, namun kebakaran belum berhasil dipadamkan tim.

“Petugas gabungan sampai hari ini masih melakukan upaya pemadaman di Giam Siak Kecil,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Ghafur.

Untuk mengatasi kebakaran itu, sebut dia, tim gabungan dibantu dua unit alat berat dari perusahaan Arara Abadi. Alat itu untuk membuat embung dan penyekatan supaya kebakaran tidak semakin meluas.

“Ada sekitar 40 personel gabungan yang sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman,” bebernya.

Sulitnya api dipadamkan, lanjut Jim Ghafur karena angin kencang dan cauaca yang kering menghambat proses pemadaman.

“Ditambah lagi sumber air yang sulit dan jauh dari lokasi kebakaran, sehingga proses pemadaman masih terkendala,” ungkapnya.

Meski begitu, tambah dia, petugas gabungan terus berjuang untuk memadamkan api di kawasan Margasatwa Giam Siak Kecil. Salah satunya adalah membuat sekat kanal agar api tidak menyebar.

“Petugas melakukan penyekatan di kepala apinya agar api tidak meluas. Sampai saat ini tim masih fokus melakukan pemadaman, sehingga belum memetakan luasan lahan yang terbakar di sana,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *