Badan Standarisasi Nasional Harapkan UMKM Miliki SNI

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus menunjukkan trend positif. Hal ini terlihat dengan perkembangan usaha yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan trend yang kekinian.

Untuk memaksimalkan hal tersebut diperlukan dukungan dan keseriusan. Begitu juga dengan mempersiapkan produk-produk UMKm yang masuk Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Riau, Daya Aruna Bratajaya menilai, hal ini penting untuk menjadi perhatian. Untuk itu, BSN terus berupaya mendorong pelaku UMKM di bumi Melayu tersebut agar produknya berstandar SNI.

“Kita tentunya terus mendorong secara positif. Perkembangan produk UMKM dengan SNI setidaknya kita punya nilai tambah. Konsumen sekarang sudah cerdas, bukan cuma harga yang dilihat, tapi kualitas produk yang dipasarkan,” tuturnya, Kamis (12/3/2020).

Dukungan itu disampaikan pada beberapa peegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pekanbaru di acara Festival Kopi dalam rangka Hari Kopi Nasional, yang ditaja oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) Riau. Dengan langkah standarisasi SNI tentunya membuat mutu barang tersebut menjadi meningkat, terutama bagi pelaku UMKM yang ada di daerah.

Begitu juga untuk proses pengurusan SNI juga tidak ribet. Dimana persyaratan yang paling mendasar adalah legalitas usaha.

Khusus produk pangan, paling tidak adalah merk dan nomor registrasi. Diharapkan dengan produk yang berstandar tersebut, UMKM di Riau terus berkembangan dan memperlihatkan trend positif. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *