Tekno  

5 Aplikasi Jaga Kebugaran Selama Berpuasa di Rumah

PUASA jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Menjaga kebugaran tubuh menjadi keharusan, apalagi Ramadan tahun ini berada di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini juga mengharuskan untuk tetap berada di rumah, menyusul kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Meski demikian, tak perlu khawatir, karena sejumlah aplikasi mobile bisa menjadi solusi praktis untuk menjaga kebugaran saat berpuasa Ramadan di rumah.

Berikut lima aplikasi untuk menjaga kebugaran, seperti dilansir Gulfnews.

1. My Fitness Pal

My Fitness Pal menghadirkan jurnal makanan secara online, sehingga Anda bisa mencermati apa saja yang telah Anda konsumsi, terlebih saat berbuka puasa yang kadang tidak terkontrol.

Studi medis menunjukkan bahwa membuat jurnal makanan menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan, sebab orang terkadang tidak sadar seberapa besar porsi mereka sebenarnya.

Namun, kejujuran pada diri sendiri menjadi kunci dari aplikasi ini. Sebelum Anda mulai ‘makan bersih’, catat makanan apa yang telah Anda konsumsi beberapa hari ke belakang, sehingga Anda benar-benar memahami apa yang dibutuhkan tubuh Anda, kemudian, mulailah menghitung kalori yang masuk.

Aplikasi ini mempertimbangkan tinggi badan, berat badan, dan usia Anda serta memberi tahu Anda berapa banyak yang harus Anda makan setiap hari untuk menurunkan berat badan.

2. 7 Minute Workouts

Aplikasi 7 Minute Workouts menjadi solusi bagi Anda yang sibuk bekerja dari rumah atau mengajari anak yang sedang belajar dari rumah, atau bahkan bagi Anda yang terlalu malas bergerak untuk olahraga, karena dapat dilakukan secara singkat.

Aplikasi ini merupakan gabungan antara kekuatan dan kardio yang tidak membutuhkan peralatan, namun meningkatkan detak jantung Anda, dengan segala berbagai gerakan sederhana. Anda juga akan diingatkan untuk melakukan latihan tujuh menit setiap harinya.

3. Yoga Wake Up

Yoga Wake Up bisa dibilang aplikasi multifungsi karena juga dapat dijadikan untuk alarm yang tentunya diikuti dengan pengingat untuk melakukan latihan yoga.

Aplikasi ini akan memberikan gerakan yoga selama 10 menit setiap hari, dan urutan gerakan akan berbeda setiap harinya.

Terkadang, fokus aplikasi ini lebih pada meditasi dengan beberapa gerakan pose yoga, yang cocok dilakukan saat berpuasa.

4. Nike Training Club

Nike Training Club dinilai menjadi aplikasi kebugaran terbaik, bahkan dilabeli ‘Editor’s Choice’ pada toko aplikasi Apple.

Aplikasi ini mendukung berbagai latihan yang oleh pelatih dan atlet profesional dengan program kebugaran yang dapat disesuaikan, dan fitur ‘pamer’ untuk berbagi catatan kemajuan latihan Anda.

5. Motion Traxx

Berbeda dari aplikasi lainnya, Motion Traxx menawarkan untuk berolahraga sambil mendengarkan musik, sehingga Anda tidak akan bosan selama latihan dan kegiatan menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

Aplikasi ini menyusun daftar putar lagu yang disesuaikan dengan intensitas untuk setiap fase latihan Anda — mulai dari pemanasan, waktunya untuk berkeringat, hingga sesi pendinginan.

Semua aplikasi di atas dapat diunduh secara gratis di Google Play Store maupun Apple App Store. (ILC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *