Gali Tanah Buat Box Culvert, Para Pekerja di Bagansiapiapi Terkejut Ketika Menemukan Benda Ini

LAMANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Para pekerja pembangunan Box Culvert di jalan Perniagaan Ujung, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, terkejut ketika mereka menemukan benda memanjang saat mereka menggali tanah dikedalaman dua meter.

Benda berukuran diameter 30 inchi dengan kondisi sudah karatan, kuat dugaan terbuat dari besi. Usut punya usut, benda itu merupakan pipa besi yang di gunakan untuk media saluran air dari water leading yang bersumber dari jalan Siak.

Foto penampakan pipa besi yang diunggah salah seorang anggota grup Facebook Bagansiapiapi Tempoe Doeloe, Syaiful Anwar, memancing beragam komentar dari netizen. Mereka berasumsi bahwa air bersih sangat penting bagi masyarakat Bagansiapiapi sejak zaman dulu.

“Betul itu pipa Water Leading, pertama di zaman belanda Jalan Perniagaan nelayan tahun 1916. Kalau tidak salah, pipa keduanya dibangun pada tahun 1975. Tujuannya untuk menghidupkan kembali water leading oleh pemda Bengkalis” Tulis Netizen bernama Suandi.

Syaiful, sang pengunggah foto pun ikut berkomentar bahwa saat ditemukan, tetesan air masih keluar dari dalam pipa. Bahkan para netizen menganjurkan agar pipa tersebut diangkat dan di simpan dalam musium. (Amr)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *