Kampar  

PLN Kembangkan Rumah Kreatif Kampung Wisata Patin

Rumah Kreatif

LAMANRIAU.COM, BANGKINANG – General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Dispriansyah meresmikan dan menyerahkan bantuan bagi Rumah Kreatif Kampung Patin Desa Koto Masjid, Kabupaten Kampar, Kamis 3 Desember 2020.

Baca : PLN Salurkan Bantuan untuk 75.000 Anak Yatim dan Dhuafa

Adanya Rumah Kreatif Kampung Patin ini merupakan upaya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kami berharap adanya Rumah Kreatif Kampung Patin ini dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM sekitar desa Koto Masjid untuk memasarkan produknya. Sekaligus mampu menjadi sentra edukasi dengan pemberian materi-materi pelatihan yang sesuai. Sehingga dapat membentuk UMKM yang berkualitas,” ujar Dispriansyah.

PLN UIW Riau dan Kepri melalui Program CSR PLN Peduli Berkelanjutan Tahun 2020 memberikan bantuan pengembangan Rumah Kreatif Kampung Patin sebesar Rp54,1 juta kepada salah satu penggagas sekaligus pembina, Doni Mariandi.

“Pada kesempatan ini kami berterimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan bagi Rumah Kreatif ini. Mulai tahun 2019 sebesar Rp64 juta, kami mendapatkan bantuan program bina lingkungan dari PLN,” ujar Doni.

Dari bantuan tersebut, pihaknya focus untuk pengadaan alat kerja dasar dan pengembangan produk, Sehingga pada tahun 2020 ini sudah dapat berkembang dengan hadirnya beberapa produk unggulan, bantuan dari PLN.

“Kami optimalkan untuk merenovasi galeri dan penambahan peralatan kerja. Harapannya tahun depan bantuan dari PLN akan kami fokuskan pada peningkatan modal kerja dan pelatihan menciptakan tenaga kerja mumpuni,” lanjut Doni.

Ia menjelaskan, saat ini Rumah Kreatif Kampung Patin beranggotakan 21 orang yang produktif, dan terbagi menjadi beberapa unit. Seperti unit pengolahan bahan baku bekas, unit rumah rajut vicraft, unit rumah dekla Nabila. Kemudian unit rumah dekla Alfatih, dan unit rumah fiber kayu besi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar H Fahmil SE yang turut hadir dalam peresmian tersebut mengucapkan terimakasih kepada PLN UIW Riau dan Kepri atas bantuan program bina lingkungan kepada Rumah Kreatif Kampung Patin sehingga terus berkembang.

“Listrik PLN sebagai sumber kehidupan. Dengan adanya PLN semua lini dapat berjalan, ekonomi, pendidikan, dakwah semuanya lancar. Tidak hanya itu saja, PLN juga bersedia memberikan bantuan melalui program CSR untuk membangun pariwisata. Sehingga kami sangat berterimakasih,” kata Fahmil.

Ia mengaku Rumah Kreatif ini sangat baik untuk warga sekitar mengisi kegiatan dan meningkatkan kompetensi. Dengan harapan kedepannya dapat lebih banyak lagi melatih warga sekitar sehingga dapat meningkatkan perekonomian. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *