Yuk Coba! Gimana Rasanya Keripik Daun Pegagan

daun pegagan

LAMANRIAU.COM – Pegagan merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman tersebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Antara lain seperti mempercepat penyembuhan luka, melancarkan aliran darah, hingga mampu mengobati penyakit alzheimer.

Pegagan merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh pada perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar pada wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia. Kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Sering digunakan sebagai penutup tanah, adakalanya jadi bahan sayuran.

Baca : Camilan Hits Ala Korean, Rasanya Menguggah Selera

Selain untuk pengobatan, daun pegagan juga bisa jadikan sebagai keripik. Rasanya yang gurih, serta teksturnya yang renyah juga membuat keripik ini sangat menyenangkan bagi banyak kalangan. Mungkin kamu penasaran dengan nikmatnya keripik herbal ini seperti apa rasanya.

Penasaran seperti apa cara membuatnya? Coba simak resepnya berikut ini:

1. Bahan-bahan

– 1 ikat Daun Pegagan, ambil daunnya saja
– 100 gram tepung beras putih
– 20 gram tepung tapioka
– 3 siung bawang putih
– 1/2 sdt ketumbar
– 1 butir telur
– Garam, secukupnya
– Air bersih, secukupnya
– Minyak goreng

2. Buat adonan

Haluskan bawang putih bersama ketumbar dan garam. Selanjutnya, campurkan bumbu halus dengan tepung beras putih, tepung tapioka, dan telur. Beri air secukupnya, lalu aduk-aduk hingga merata.

3. Goreng keripik

Cuci bersih daun pegagan lalu celupkan satu persatu ke dalam adonan tepung. Goreng dengan minyak panas hingga matang, angkat lalu tiriskan.

Nah sekarang keripiknya sudah jadi dan siap untuk menikmatinya! ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *