Riau  

Pemprov-Baznas Riau Rancang Rupat Pulau Zakat

Pulau Zakat

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau mengadakan pertemuan bersama pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam rangka mematangkan konsep Rupat Pulau Zakat di Gedung Lancang Kuning, Selasa 19 Januari 2021.

Baca : Gubernur Syamsuar Resmikan Rumah Singgah Baznas Riau

Pertemuan dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy. Usai pertemuan, Plh Sekda mengatakan bahwa Pulau Zakat merupakan permintaan dari Baznaz Provinsi Riau yang sudah mendapatkan respon dan dukungan Gubernur Syamsuar.

“Program ini sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari pak Gubernur agar menggagas sebuah pulau untuk jadikan sebagai pulau zakat,” katanya.

Jelasnya, program pulau zakat merupakan hal baru yang fokus nanti untuk penerapan dari asnaf maupun muzakki serta nanti pemanfaatan zakatnya terkelola dan bisa berguna untuk kemaslahatan umat terutama Pulau Rupat itu sendiri.

“Program ini akan kami terapkan pada Pulau Rupat, dalam waktu dekat kami akan turun untuk melihat langsung lokasinya,” ujar Plh Sekda.

Ia menerangkan, bentuknya dari pulau zakat tersebut yaitu intervensi meningkatkan dakwah, pendidikan dan perekonomian yang ada. Sehingga perlu bersinergi dari masing-masing unsur, baik itu pemerintahan maupun swasta termasuk dari Badan Amil Zakat sendiri.

“Tentu ini nanti akan menjadi model kedepannya dan konsep ini dapat diterima secara luas dengan dukungan dari OPD-OPD sehingga dapat masuk kedalam program daerah,” terangnya.

Ketua Baznas Provinsi Riau Dr Saidul Amin mengatakan, program pulau zakat Rupat yakni sebagai pusat pendidikan, dakwah dan ekonomi. Bahkan sudah siapkan lahan 2 hektar untuk program tersebut.

Bidang pendidikan akan membangun pasantren dan pusat rehabilitasi narkoba. Pusat dakwah akan mengirimkan dai. Sedangkan program ekonomi dengan memberikan bantuan kapal nelayan, tambak udang pename dan alat tangkap ikan bagi warga setempat.

Selain Pulau Rupat, kata Saidul Amin, program pulau zakat telah berjalan untuk Pulau Mendol Kabupaten Pelalawan. Yang mana sudah tersedia mualaf center.

Selain Plh Sekda, turut hadir dalam pertemuan yakni Kadis Pendidikan Riau Zul Ikram, Kadis Perindustrian Perdagangan dan UMKM Asrizal. Kadis Perikanan dan Kelautan Herman serta Kabid Pemerintahan dan Sumberdaya Manusia Bappedalitbang Herianto, juga Komisioner Baznas Dr. Yahnan ***

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *