Kemarau, Warga Gunungsitoli Kesulitan Air Bersih

Kemarau
Perumda Tirta Umbu saat membagikan air bersih kepada warga Kota Gunung Sitoli dengan menggunakan tangki air.

LAMANRIAU.COM, GUNUNGSITOLI – Warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, saat ini mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau. Pasalnya, kemarau sudah terjadi sejak sebulan terakhir di daerah itu.

Distribusi air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Umbu milik Kabupaten Nias untuk Kota Gunungsitoli juga mulai terganggu. Distribusi air terganggu akibat penurunan debit air dari sumber mata air.

Baca : Riau Akan Hadapi Musim Kemarau, Syamsuar Ajak Masyarakat Jaga Hutan

Direktur Perumda Tirta Umbu Julius Ndraha mengakui jika distribusi air bersih dari Perumda Tirta Umbu kepada pelanggan saat ini sedang terkendala akibat berkurangnya debit air dari sumber milik perusahaan tersebut.

Akibat penurunan debit di sumber mata air, kehilangan suplai air bisa mencapai hingga 40 persen lebih. Dari rata rata produksi biasa sehingga pasokan air ke pelanggan tidak bisa terpenuhi.

“Saat ini kami sedang mengalami kekurangan atau menyusutnya debit air pada dua sumber air milik Perumda Tirta Umbu. Yakni sumber air Kalimbungo dan sumber air Moawö hingga 0 Liter/detik,” katanya, Sabtu 6 Februari 2021.

Untuk mengantisipasi krisis air bersih tersebut, pihaknya mengantisipasi melalui bantuan mobil tangki yang secara terjadwal ke lokasi para pelanggan yang mengalami dampak signifikan untuk membagi air secara langsung.

Daerah yang paling mengalami dampak secara signifikan adalah pelanggan sepanjang Jalan Sirao belakang, jalan Supomo, Jalan Ampera, Jalan Kelapa, Jalan Diponegoro, Kecamatan Gunungsitoli.

Namun, karena Perumda Tirta Umbu hanya memiliki satu unit mobil tangki. Mereka telah meminta bantuan Balai Prasarana Pemukiman Wilayan Sumatera Utara untuk peminjaman mobi tangki dan sedang dalam proses. “Sesuai pemantauan kami, kemarau ini bisa berlangsung hingga dua bulan lagi le depan,” kata Umbu Julius Ndraha.

Sementara itu, Nidar, salah seorang warga mengaku distribusi air bersih dari Perumda Tirta Umbu sudah tidak berjalan sejak 5 hari lalu. Untuk kebutuhan air bersih mereka terpaksa membeli air dari mobil yang menjual air bersih dengan harga yang cukup tinggi. (ant)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *