Membuat Taman Rumah Sempit Terasa Menyenangkan

taman

LAMANRIAU.COM – Setiap rumah baru yang ditawarkan pengembang selalu menyediakan taman belakang dan depan rumah. Namun kadang, ukurannya yang kecil membuat pemiliknya kerap bingung dengan apa yang harus lakukan terhadap taman tersebut.

Baca : 5 Hiasan Ini Jadikan Taman Rumah Lebih Indah

Taman yang sempit pada akhirnya berubah menjadi ruang tambahan karena serba nanggung untuk menghias. Padahal, banyak hal yang bisa kamu lakukan terhadap taman yang sempit sekalipun. Sebagai tambahan, taman kecil membuatnya lebih mudah dirawat.

Berikut tips sederhana sebagaimana tulisan rumah.com :

Jangan sia-siakan area kecil

Ketika menghias taman, kita terbiasa mengabaikan area tertentu agar taman tidak terlihat terlalu ramai. Tetapi, ketika taman yang kamu miliki berukuran kecil, maka hal tersebut sebaiknya kamu hindari. Manfaatkan area yang biasa terabaikan untuk menciptakan nuansa hijau pada rumah anda.

Selain itu, kesalahan yang sering terjadi dalam menghias taman kecil adalah terlalu banyaknya tanaman pada satu area. Ini membuat taman justru terlihat sumpek. Cara yang baik adalah tetap buat taman terlihat simple atau sederhana dengan memilih maksimal empat tanaman saja. Tanaman-tanaman tersebut harus punya kemampuan untuk tumbuh dengan baik pada area terbatas.

Gunakan ornamen unik

Apabila mempunyai taman yang mempunyai ukuran terbatas, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan ornamen untuk menambahkan pesona dan juga membuat area taman tidak terlihat membosankan.

Ada banyak pilihan tipe ornamen yang dapat kamu gunakan untuk menghias taman kecil. Mulai dari ornamen tradisional seperti patung, hingga ornamen yang modern berbentuk bola-bola atau kubus. Ornamen berbahan metal menunjukkan style modern pada taman.

Lush Oasis

Jika penyuka tanaman, mempunyai taman yang berukuran kecil akan menyulitkan kamu untuk berkreasi. Namun, tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk mengembangkan hobi pada taman yang kamu miliki sekarang. Salah satunya dengan cara membuat area khusus pada taman menjadi lebih rimbun dari biasanya dengan lush oasis.

Cara menciptakan lush oasis adalah dengan menanamkan atau menempatkan tumbuhan dengan sangat berdekatan, sehingga tidak ada atau hanya terdapat sedikit ruang yang miliki masing-masing tumbuhan. Selain itu, dekorasi seperti ini tempatkan pada sudut taman dan tambahkan wadah atau kotak tersendiri untuk menambah efek pada area itu sendiri.

Apabila menanamkan tumbuhan secara berdekatan seperti ini, maka kamu harus selalu mengimbangi tanaman tersebut dengan air dan pupuk, sehingga tanaman tetap terlihat hijau dan subur sepanjang musim. Kamu juga bisa menambah kolam kecil untuk menambah kesegaran pada rumah.

Area duduk outdoor

Inspirasi lain untuk mengubah taman kecil Anda adalah dengan cara merubah taman menjadi tempat duduk atau ruang makan outdoor untuk bersantai bersama keluarga dan teman. Karena ukuran taman yang kecil, hal tersebut akan menambah suasana lebih dekat dan intimasi, bahkan nuansa romantis.

Apabila tertarik untuk membuat area santai ini, ada tiga tips yang dapat kamu lakukan untuk menambah suasana nyaman pada area duduk pada taman. Tips pertama, tambahkan pagar yang cukup tinggi pada sekitar taman untuk memberikan privasi saat bersantai. Anda hanya membutuhkan pagar yang tinggi, meja dan kursi yang lucu untuk mendekorasi taman kecil Anda.

Tips kedua untuk memberi kesan luas pada taman rumah adalah dengan menggunakan warna yang terang seperti putih pada lantai atau cat dinding taman. Gunakan juga furnitur dengan desain yang minimalis. Taman akan terlihat luas dengan penggunaan warna yang cerah dan desain yang minimalis.

Tips yang terakhir, tambahkan bangku kecil atau bench untuk menciptakan area sosial pada taman. Bangku kecil dan meja yang sederhana dapat merubah taman kecil menjadi menarik. Taman berukuran kecil tidak menjadi penghalang untuk menciptakan taman yang indah.

Ini karena banyak inspirasi dan tips yang sangat mudah untuk mengubah taman yang berukuran kecil menjadi taman yang menarik. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *