Polresta Pekanbaru Sandang Predikat Pelayanan Prima 2020

Polresta Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 Polres se Indonesia. Polresta Pekanbaru sebagai salah satu penerima penghargaan tersebut. Reward itu sebagai penilaian terciptanya pelayanan publik yang baik.

Baca : Polresta Pekanbaru Gratiskan SIM Bagi Warga Kelahiran 1 Juli

Dalam hal ini, Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada tahun 2020, kementerian itu menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada pada Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro.

“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Keinginan Pak Presiden adalah kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa,” kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara virtual ‘Penyampaian Hasil Evaluasi dan Pengharhaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020’, Jakarta, Selasa 16 Februari 2021.

Adapun aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

Berikut 12 Polres, Polresta dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima antara lain;

1. Polresta Pekanbaru

2. Polrestabes Palembang

3. Polrestabes Bandung

4. Polresta Cirebon

5. Polres Malang

6. Polrestabes Surabaya

7. Polresta Sidoarjo

8. Polres Gresik

9. Polres Malang Kota

10. Polres Banyuwangi

11. Polres Kulonprogo

12. Polres Sleman

Sementara itu, 40 Polres, Polresta dan Polrestabes juga mendapat kategori sangat baik. Terkait penghargaan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan serta evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya internal Kepolisian.

“Kami berusahan terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi infor.asi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul pelayanan apa yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi,” ujar Jenderal Sigit.

Oleh sebab itu Polri, menurutnya, sudah membuat road map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024. “Inovasi ini bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik pada masyarakat, pelayanan publik seperti Samsat online, SIM online, SKCK online,” ujarnya.

Jenderal Sigit berharap dengan penghargaan ini akan mampu menciptakan iklim persaingan sehat dalam internal Polri untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi kedepannya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada 12 Polres yang telah upayakan inovasi dan mendapatkan predikat prima. Semoga ini akan menjadi pemicu bagi rekan-rekan yang lain untuk melakukan hal yang sama,” harap Sigit. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *