Pegawai dan WBP Lapas Bagansiapiapi Ikuti Tes Urine

LAMANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Puluhan pegawai di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bagansiapiapi menjalani tes urine, Jumat 19 Februari 2021 siang. Turut dilakukan pemeriksaan serupa yakni para napi yang diambil secara acak dari jumlah warga binaan yang ada.

Kegiatan berupa pemeriksaan urine tersebut merupakan agenda rutin sebagai upaya memastikan petugas yang ada tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kementerian Hukum dan HAM Riau M Hilal.

Ia menerangkan kegiatan itu merupakan monitoring dan evaluasi di jajaran dengan rangkaian kegiatan berupa tes urine bagi pegawai dan napi secara acak. “Karena keterbatasan maka dilakukan secara acak, keseluruhannya negatif, Alhamdulillah,” katanya.

Ia menambahkan lewat kegiatan itu sebagai kontrol baik kepada petugas maupu warga binaan, sehingga jika ada terbukti pegawai yang terlibat seperti mengonsumsi maupun mengedarkan narkoba baik di luar ataupun dalam kantor akan dilakukan tindakan tegas.

“Tidak ada toleransi untuk sindikasi narkoba,” katanya.

Hilal menambahkan dari pemeriksaan yang dilakukan secara acak ke sejumlah ruang tahanan ditemukan ada senjata tajam, benda logam dan jika terjadi sesuatu dikhawatirkan berpotensi bahaya maka dilakukan penyitaan untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan.

Tak hanya dua kegiatan itu saja, pihaknya juga memberikan penguatan karakter bagi seluruh jajaran lapas kelas II A Bagansiapiapi yang berlangsung pasca kegiatan tes urine dan pemeriksaan barang-barang terlarang di kamar tahanan. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *