Desain Taman Belakang Rumah Minimalis yang Menggoda

taman belakang rumah

LAMANRIAU.COM – Memiliki taman belakang rumah minimalis mungkin adalah impian semua orang. Ruang hijau ini bisa menjadi short escape tengah kesibukan pekerjaan dan penatnya pikiran tanpa harus keluar rumah.

Baca : 5 Hiasan Ini Jadikan Taman Rumah Lebih Indah

Bersama orang-orang tersayang, taman belakang rumah minimalis bisa jadi tempat bersenda gurau hingga membicarakan topik yang lebih serius. Pasti banyak yang berharap tetap memiliki taman belakang rumah meski lahan tinggal terbilang sempit.

Dalam mendesain taman belakang rumah minimalis pada lahan sempit, menurut Decoruma.com, kamu tidak boleh sembarangan. Sebab, peletakkan tanaman hias hingga furnitur yang salah bisa membuat taman justru tidak dapat jadi tempat bersantai yang nyaman. Maka dari itu, butuh beberapa inspirasi supaya taman belakangmu bisa jadi pelepas duka dan lara

Jadi Taman Romantis

Lahan belakang rumah yang sempit tidak selalu jadi penghalang. Justru, kamu harus menganggapnya sebagai tantangan untuk memicu otak berpikir kreatif mengubah lahan sempit tersebut jadi taman belakang rumah yang menawan. Bisa mengkombinasikan furnitur dan tanaman dengan sempurna.

Sebagai pijakan kaki, balok tanah berada pada tengah taman dengan hiasan batu alam. Tanaman hijau yang meski sedikit, tersebar apik pada sisi taman dan merambat tembok. Pohon besar belakang kursi jadi atraksi utama taman belakang rumah minimalis ini. Kain-kain bermotif tergantung pada dinding untuk memberi aksen yang berbeda. Terakhir, sentuhan lampu LED gantung menambah elegannya taman.

Tak hanya kursi, kamu bisa menaruh hammock makrame untuk waktu bersantai yang lebih nyaman. Karena lahan sempit, hanya tanaman hijau berukuran kecil hingga sedang yang tersebar sekeliling tempat bersantai ini. Tak ketinggalan, ikut meramaikan, coffee table untuk kopi atau makanan.

Warna-warna unsur taman terlihat menyatu dengan sekat kayu hitam yang memisahkannya dengan rumah tetangga. Tak lupa, kehadiran lampu-lampu LED kuning jadi penerangan utama taman saat malam tiba. Suasana taman seperti ini mampu menciptakan keiintiman yang lebih hangat.

Kombinasi Paving Block dan Papan Kayu

Porsi paving block terlihat lebih banyak karena berguna sebagai jalan setapak. Balok warna abu-abu ini terpasang horizontal tiap ujung taman dan vertikal dekat tengah taman. Peletakkannya mampu membagi taman menjadi dua sisi, sisi kiri hanya rumput polos dan sisi kanan dengan beragam bunga seperti bunga lavender dan tanaman daun lain.

Tak lupa, pintu kayu ikut berkolaborasi bersama paving block sebagai akses menuju ke sisi lain rumah. Sekitar pintu tersebut banyak tanaman luar ruangan sehingga menciptakan sebuah pemandangan indah yang bisa jadi oase sambil melamun atas kursi. Kamu juga bisa sekaligus melakukan urban farming atau bercocok tanam sehingga ada atmosfir alami yang makin terasa pada taman belakang rumah minimalis kamu.

Untuk beberapa orang, suara air mancur bisa membuat pikiran lebih tenang. Jika kamu salah satunya, kamu bisa menghadirkan air mancur kecil ini. Tak harus menggali kolam yang lebar, cukup dengan mangkuk keramik besar yang terletak pada lahan kecil dengan batu alam besar mengelilingi.

Keuntungan dari model air mancur ini pada taman belakang minimalis adalah kamu tidak perlu menguras kolam terlalu sering karena kedalamannya yang cetek.

Selain sebagai tempat melepas penat, taman belakang rumah sempit juga bisa diubah jadi tempat makan. Sama seperti taman belakang rumah minimalis pada umumnya, tumbuh-tumbuhan hijau, seperti tanaman aglonema merupakan tanaman yang wajib ada.

Sekat kiri kanan taman menggunakan anyaman bambu. Berjalan lurus ke depan, kamu akan sampai di tempat makan berkanopi kayu. Kombinasi warna kayu mampu menjadikan tempat makan atraksi utama taman ini.

Bisa menggunakan taman belakang saat-saat tertentu, seperti menyambut malam tahun baru dan kumpul keluarga. Selain itu, taman belakang rumah minimalis ini bisa jadi private barbecue. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *