Riau  

Presma UIR Puji Perjuangan LAMR Rebut Blok Rokan

Presma UIR
Presiden Mahasiswa UIR, Boy Novyanto

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Islam Riau (UIR) periode 2020, Boy Novyanto memuji perjuangan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk memiliki saham Blok Rokan. Sehingga bisa bersama-sama Pertamina mengelola lapangan minyak terbesar Indonesia itu.

Baca : LAMR Bersyukur Dapat Restu Jokowi Kelola Blok Rokan

“Ini sebuah pencapaian yang luar biasa oleh LAMR. Karena perjuangan yang sudah berlangsung selama tiga tahun berada pada ambang kesuksesan menuju kemakmuran masyarakat Riau. Selaku mahasiswa kami akan tetap berjuang bersama untuk mendapatkan hak masyarakat Riau yang harusnya sejak lama,” kata Boy Novianto, Jumat 26 Februari 2021.

Menurut Boy, mahasiswa sebagai generasi intelektual penerus tongkat estafet Bangsa tidak pernah tinggal diam. Mulai mendirikan republik ini, mengusir penjajah, menegakkan tonggak reformasi termasuk memikirkan Blok Rokan, ladang minyak terbesar ASEAN ini setelah ditinggal Chevron nantinya.

“Kita patut bangga jika Blok Rokan bisa kita ambil alih dan rebut dari asing. Ini saatnya kita masyarakat Riau yang akan mengelola dan harus menikmati hasilnya demi memakmurkan rakyat. Terutama untuk pendidikan masyarakat dan meminimalisir tingkat kemiskinan Riau,” kata Presma UIR ini.

Menurut Boy, selama ini masyarakat Riau hanya sebagai penonton. Melihat kekayaan Bumi Lancang Kuning dikeruk dan tidak ada perhatian kusus untuk masyarakat itu sendiri. Hal ini juga dapat sebagai contoh bagi daerah-daerah lain yang mempunyai kekayaan sumber daya alam (SDA) melimpah. Namun masyarakat sekitarnya tidak dapat menikmati kemakmuran.

Ia berharap kepada Pertamina ke depan sesuai dengan janjinya untuk memberdayakan masyarakat Riau, tidak ada alasan untuk tidak memperkerjakan sumber daya manusia (SDM) anak-anak Riau.

Selain itu, bisa mengadakan pelatihan secara terstruktur jika itu alasannya dan juga mahasiswa Riau khususnya harus diizinkan untuk melakukan penelitian dan magang pada perusahaan yang akan mengelola Blok Rokan.

“Hidup Mahasiswa! Hidup LAMR! Kembalikan Blok Rokan ke Riau. Makmurlah masyarakat Riau,” pungkasnya. (ril)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *