Hukrim  

BBKSDA Riau Selidiki Kebakaran Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

giam siak

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kebakaran lahan cagar biosfer Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis sudah berhasil padam. Saat ini tim satgas kebakaran hutan dan lahan fokus melakukan proses pendinginan pada lokasi bekas kebakaran.

Baca : Tim Satgas Masih Berjibaku Padamkan Karhutla di Giam Siak Kecil

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan, pihaknya akan menurunkan tim untuk menyelidiki kasus ini. Pihaknya kini sedang mengumpulkan bukti-bukti terkait kebakaran yang menghanguskan 100 hektar lahan tersebut.

“Sementara kami melakukan pengumpulan bahan dan keterangan di wilayah tersebut oleh tim kami sendiri. Setelah itu pasti kami koordinasikan dengan penegak hukum khususnya Polri,” ungkap Suharyono, Jumat 5 Maret 2021.

Suharyono mengaku yakin terdapat unsur kesengajaan oleh manusia untuk membuka lahan sehingga habitat tanaman kantong semar tersebut dilalap si jago merah.

“Dugaan kami lahan ini d isiapkan untuk kebun sawit, tapi mereka tidak bisa mengendalikan sampai merembet ke kawasan-kawasan lainnya. Termasuk tiga lidah api yang kami temukan ini sumber kaitannya dari sini,” ujar Suharyono.

Kebakaran sendiri terjadi sejak 2 pekan terakhir. Sulitnya pemadaman karena akses menuju lokasi yang minim dan kawasan yang terbakar merupakan lahan gambut.

Selain akses, sumber air pada lokasi d iketahui cukup jauh. Sehingga petugas harus berjibaku memadamkan api dan menarik selang lebih jauh untuk dapat mencapai titik lokasi kebakaran. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *