Beberapa Tanaman Ini Mampu Hilangkan Debu

Debu

LAMANRIAU.COM – Bercocok tanam memang masih menjadi kegiatan yang banyak dilakukan banyak orang pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini. Kebanyakan orang beranggapan bahwa udara dalam rumah jauh lebih bersih ketimbang luar rumah yang penuh dengan polusi udara, seperti debu hingga aspal knalpot kendaraan.

Baca : Ini Adalah Tujuh Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan

Sebaliknya, udara dalam rumah jauh lebih kotor dari apa yang kita bayangkan. Sebetulnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan atau menghilangkan debu dalam rumah. Salah satunya adalah dengan meletakkan beberapa tanaman hias yang diyakini bisa membersihkan debu dan udara dari racun-racun sejumlah alat dan benda rumah tangga.

Lalu apa saja tanaman hias yang bisa menyerap debu dalam rumah? Berikut macam-macam tanamannya seperti tulis Hunker :

Dripping Guanyin

Dripping Guanyin atau atau nama lain Dripping Lotus merupakan jenis tanaman bonsai yang berfungsi untuk mengurangi debu dalam ruangan. Tanaman hias ini tumbuh subur sekitar lingkungan yang lembap, sehingga perlu menyiramnya secara rutin.

Jika memiliki Dripping Guanyin ini dalam rumah, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak. Sebab, getah dan tetesan air dari tanaman ini bisa beracun jika konsumsi oleh anak-anak.

Palm Tree

Selain Dripping Guayin, Palm Tree juga sangat efektif dalam menyerap debu dalam rumah. Selain bisa menyerap debu, tanaman ini juga bisa menyerap partikel-partikel lain contohnya benzena.

Maka tak heran bukan, jika kebanyakkan orang meletakkan tanaman ini dalam area ruang tamu atau ruang makan untuk membuat udara terasa lebih segar. Selain itu, juga bisa meletakkan tanaman ini dekat furnitur kayu karena bisa menyaring formalin dan karbon dioksida.

English Ivy

Tanaman hias yang memiliki bentuk daun yang unik ini juga efektif dalam menghilangkan debu dalam rumah. Selain itu, English Ivy juga efektif dalam menangkal zat-zat berbahaya, seperti formaldehida dan benzena, sehingga udara menjadi lebih sehat dalam rumah.

Jika memiliki tanaman ini dalam rumah, pastikan untuk menggantungnya dalam pot ya! Selain itu, pastikan menyiramnya beberapa kali untuk menjaga kelembapannya.

Rubber Plant

Tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Ficus elastica ini efektif dalam menyerap debu dalam ruangan. Tak hanya bisa menyerap debu, ternyata tanaman hias India ini juga bisa membantu menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, dan polutan lainnya.

Dalam perawatan, Rubber Plant tergolong mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya perlu menyiramnya dengan air yang cukup untuk menjaga tanahnya tetap lembap, terutama pada musim kemarau.

Selain itu, pangkaslah daun-daunnya bila sudah lebat dan bersihkan daunnya secara berkala agar terlihat bersih dan mengilap. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *