Kampus  

Fikom UIR Gelar Pengabdian Literasi Media

Fikom UIR

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Islam Riau (UIR) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama para remaja masjid desa Batu Belah, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Minggu 14 Maret 2021.

Kegiatan pengabdian ini menggunakan dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIR. Bentuk kegiatannya adalah seminar tentang Literasi Media: Menangkal Hoaks pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca : Mahasiswa Bidik Misi UIR Ikuti Pembinaan Mutu Akademik

Kegiatan seminar ini merupakan salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang wajib bagi dosen. Tim kegiatan pengabdian ini adalah 3 orang dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi UIR, yakni: Dr. Fatmawati, S. IP., MM, Tessa Shasrini, B. Comm., M.HrD dan Eko Hero, Sc. M. Soc.

Selain tim dosen juga melibatkan 2 orang mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut pemateri memaparkan tentang pengetahuan tentang literasi media; hoaks pada masa pandemi dan bagaimana mengantisipasi hoaks melalui literasi media bagi para remaja.

Kegiatan seminar ini menghadirkan 30 peserta remaja masjid yang berasal dari Desa Batu Belah, Kelurahan Air Tiris dan Kampar. Dalam mengikuti kegiatan ini remaja begitu antusias menyimak dan berdiskusi langsung dengan para narasumber.

Seorang peserta seminar bernama Apri menanyakan bahwa apa upaya yang perlu lakukan oleh remaja untuk dapat menangkal hoaks? Salah satu narasumber Dr. Fatmawati, S. IP., MM mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa untuk menangkal hoaks.

“Pertama dengan membentengi diri melalui literasi media yang baik, kedua berhati-hati dengan judul-judul provokatif. Ketiga cermati alamat situs dan keempat cek kebenaran atau keaslian konten dan gambar,” katanya.

Selama pelaksanaan kegiatan seminar ini, seluruh peserta wajib menerapkan protokol kesehatan yakni dengan menjaga jarak (Phisical Distancing), memakai handsanitizer dan selalu menggunakan masker selama kegiatan. Acara berjalan lancar dengan sesi foto bersama serta pemberian sertifikat kepada narasumber dan peserta sebagai penutup. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *