Riau  

Pelayanan Kesehatan Jadi Perhatian Pemprov Riau

kesehatan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan saat ini pemerintah provinsi tetap memperhatikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Riau. Demikian kata Gubri saat memberikan sambutan peresmian Puskesmas Sei Sembilan dan Puskesmas Medang Kampai, Kota Dumai, Rabu 24 Maret 2021.

Baca : Gubri Harap Puskesmas Rupat Aktif Pantau Kesehatan Masyarakat

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar mengatakan, pembiayaan kesehatan bagi masyarakat Provinsi Riau sudah mencapai 78 persen. Sedangkan sisanya 22 persen merupakan masyarakat dari luar provinsi yang bekerja di Riau, dan belum terdaftar secara kependudukan.

“Apabila mereka mengalami kesulitan pembiayaan kesehatan, maka pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota tetap memperhatikan mereka,” kata Gubri Syamsuar.

Lanjut Gubri, terkait dengan akses pelayanan kesehatan tetap menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau.

“Namun, demikian perlu penambahan Puskesmas baru sebanyak 12 lokasi khususnya daerah wisata yang merupakan sumber perkonomian baru yang sedang kami galakkan,” ungkapnya.

Ia juga akan berupaya membangun rumah sakit pratama daerah wisata seperti Pulau Rupat dan daerah pertumbuhan ekonomi empat kabupaten/kota di Riau.

Dalam situasi Pandemi Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau tetap meningkatkan kemampuan layanan kesehatan. Semua fasilitas kesehatan harus sudah berjalan dengan memenuhi aspek legalnya serta memastikan bahwa standar mutu pelayanan kesehatan yang memadai untuk masyarakat tetap terjaga.

“Pelayanan kesehatan Provinsi Riau oleh 236 Puskesmas dan 586 klinik serta praktek perorangan yang d ilakukan semua tenaga profesi sesuai kompetensinya untuk masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan primer,” jelasnya.

Peresmian dua puskesmas baru Kota Dumai dilakukan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, dr Dante Saksono Harbuwomo. Sekaligus menandatangani prasasti peresmian di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *