Kebakaran Kilang Balongan Tidak Ganggu Suplai BBM

Kebakaran hebat melanda kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, suplai BBM akibat kejadian kebakaran Kilang Balongan dipastikan dalam keadaan aman. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi bila ada hal luar dugaan seperti yang tengah terjadi hari ini.

Baca : Harga Minyak Anjlok, Ini Kata Pertamina

“Kami memastikan suplai BBM aman, kami memiliki skenario jika harus beroperasi dalam keadaan emergency sekalipun,” jelasnya, Senin 29 Maret 2021.

Nicke mengungkapkan, salah satu langkah antisipasi Pertamina adalah dengan mengambil pasokan dari kilang lain. Nantinya pasokan tersebut akan salurkan ke daerah yang sejatinya mendapat pasokan dari kilang Balongan.

“Produk dari kilang lain kita akan salurkan langsung ke daerah yang suplai Balongan, yaitu daerah Jakarta dan Cikampek, dan kami pastikan kepada masyarakat tidak ada kendala saat suplai,” yakin Nicke.

Kendati begitu, Nicke masih meminta masyarakat kawasan Kilang Balongan untuk tetap menjauhi lokasi. Menurutnya, antisipasi pihaknya saat ini adalah dengan memblokade jalan sementara dengan bantuan TNI – Polri.

“Tetap tenang dan menjahi kokasi kebakaran dan untuk memastikan itu karena kami elakukan pemblokiran jalan dan keselamatan masyarakat di sekirar kilang,” lanjutnya.

Api Terkendali

Kebakaran Kilang Minyak Balongan PT Pertamina (Persero), Senin 29 Maret 2021 pagi, menyebabkan sejumlah korban terluka. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi Adrimulan Chaniago menyebutkan, sejauh ini ada puluhan orang yang mengalami luka ringan akibat kejadian ini.

“Data terakhir yang sudah kita terima ada sebanyak 23 korban luka ringan,” kata Kombes Erdi dalam keterangannya.

Tak hanya luka ringan, menurut Erdi, kejadian tersebut juga mengakibatkan lima orang mengalami luka berat. Erdi mengatakan, seluruh korban tengah menjalani perawatan medis. “Untuk korban luka berat ada lima. Saat ini masih dalam pertolongan medis,” kata Erdi.

Sementara itu, Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayu Suyanto menyebut pihaknya terus berupaya memadamkan api kebakaran Kilang Minyak Balongan PT Pertamina (Persero).

Suyanto memastikan api sudah bisa dikendalikan oleh pihaknya meski belum padam. “Api belum padam, tapi sudah terkendali,” ujarnya.

Akibat kebakaran Kilang Minyak Balongan ini, ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka yang mengungsi merupakan warga dari Desa Balongan yang merupakan lokasi paling dekat dengan tempat kejadian. (lpt)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *