Pie Kolak Pisang Bola-bola Labu Kuning

pie kolak pisang

LAMANRIAU.COM – Selama Ramadhan, takjil buka puasa paling favorit adalah kolak. Tapi bosan juga kalau setiap hari menu kolak melulu. Lapar dan dahaga membuat selera bercampur aduk untuk menikmati menu spesial. Bagaimana kita ubah menu kolak menjadi sesuai yang lain, yaitu Pie Kolak Pisang Bola-bola Labu Kuning.

Baca : Resep Panas Dingin Es Buah Andalan Berbuka Puasa

Menu spesial ini adalah kreasi dari varian rasa kolak. Tapi bedanya tanpa kue, karena sudah kering dan berbentuk adonan kue. Bentuknya unik dan rasanya pun sangat lezat. Ada sensasi crunchy, lembut, kenyal dan manis khas kolak favorit. Jadi bahannya tidak sulit, tinggal mengubah karya dasar kolak menjadi sesuatu yang baru.

Bahan Crust:

200 gram tepung terigu
200 gram margarin serbaguna dingin
1 sendok makan gula halus
50 mililiter air es

Bahan Custard:

350 mililiter santan sedang
telur 1 butir
1 keping kecil gula merah sisir
agar-agar plain 1 sendok makan
daun pandan secukupnya
Sejumput garam

Topping:

2 buah pisang kepok matang, kukus
50 gram labu kuning kukus, haluskan
50 gram tepung ketan
Air untuk merebus

Cara Membuat:

1. Crust: campur semua bahan (kecuali air) dalam baskom, aduk-aduk dengan garpu hingga berbutir-butir. Tuangi sedikit demi sedikit air es hingga dapat digumpalkan. Bulatkan, istirahatkan dalam kulkas.

2. Campurkan labu kuning dan tepung ketan, tambahkan sedikit air hingga bisa dipulung. Bentuk bulat-bulat kecil, rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

3. Keluarkan Crust dari kulkas, gilas tipis lalu cetak dalam loyang pie. Tusuk-tusuk dengan garpu lalu panggang hingga matang kurleb 15-20 menit. Angkat dan sisihkan.

4. Custard: masukkan 200 mililiter santan, gula, agar-agar dan daun pandan dalam panci. Tuang sisa santan dalam mangkuk, campurkan dengan telur dan sejumput garam. Masak santan dalam panci hingga gula larut, tambahkan campuran santan + telur lalu aduk hingga mendidih.

5. Tuang diatas Crust, tata topping pisang dan bola labu kuning diatasnya. Tunggu hingga set. Sajikan dingin lebih nikmat. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *