Es Pisang Ijo Cocok Sebagai Takjil Berbuka Puasa

es pisang ijo

LAMANRIAU.COM – Setelah menahan diri dari segala nafsu makanan dan minuman beberapa jam, tentu tenggorokan ingin suguhan hidangann takjil segar, manis, dan nikmat bukan ? Namun, ternyata sebagian kerap merasa sedikit bingung ingin berkreasi dengan takjil nikmat seperti apa yang cocok untuk santapan berbuka bersama keluarga. Kali ini kami akan berikan menu andalan yang menyegarkan, Es Pisang Ijo.

Baca : Buka Puasa Nikmati Sensasi Jus Kurma

Buat kamu yang suka pisang tapi bosan dengan cara makan yang gitu-gitu saja, kini kamu bisa membuat olahan pisang. Bukan jadi menu masakan lain, tapi jadi olahan es yang segar dan bikin nagih. Tidak sekadar segar, menu ini juga bikin kenyang. Karena hidangan pisang ijo merupakan perpaduan pisang serta adonan tepung jadi bubur sumsum.

Supaya lebih segar, campurkan serutan es batu di atasnya. Agar lebih manis dan legit, jangan lupa tuang sirup sesuai selera. Berikut ini bahan dan cara membuat Es Pisang Ijo yang menyegarkan kerongkongan:

Bahan-bahan :

4 buah pisang raja matang

Bahan Adonan Kulit:

60 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
200 ml santan encer
sejumput garam
40 gram gula
1/4 sdt pasta pandan

Bahan Adonan Bubur :

500 ml santan
90 gram tepung beras
2 lembar daun pandan, simpulkan
Sejumput garam
70 gram gula

Bahan Pelengkap :

susu kental manis secukupnya
es batu
sirup cocopandan/pisang ambon/sirup merah lain

Cara Membuat :

1. Kukus pisang sampai matang lalu kupas kulitnya.

2. Siapkan mangkok besar, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula, dan garam. Campur santan dan pasta pandan. Tuang sedikit demi sedikit.

3. Aduk sampai licin, saring jika perlu. Lalu tuang ke wadah tahan panas. Selanjutnya kukus sampai matang.

4. Bagi adonan kulit yang sudah matang dengan ukuran sama besar.

5. Taruh di atas plastik, uleni lalu gilas dengan rolling pin, ketebalan sesuai selera. Ambil satu buah pisang, taruh atasnya gulung dan padatkan.

6. Ambil satu buah daun yang sudah diolesi minyak supaya adonan tidak menempel. Bungkus pisang lalu semat ujung-ujungnya menggunakan tusuk gigi.

7. Kukus sampai matang. Selanjutnya sisihkan.

8. Untuk membuat buburnya, siapkan santannya. Ambil 400 ml santan, lalu didihkan bersama daun pandan. Diaduk terus perlahan.

9. Campur 100 ml santan dengan tepung beras dan garam. Aduk sampai rata. Setelah santan mendidih, tuang campuran tepung sedikit demi sedikit. Masak sampai mendidih dan kental. Lalu, bubur aduk secara terus menerus selama proses memasak supaya tidak menggumpal.

10. Ambil secukupnya bubur beras, lalu potong-potong pisang ijo. Beri pelengkap es batu, sirup cocopandan, dan susu kental manis. Es pisang ijo siap hidangkan. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *