Menu Buka Puasa Pedasnya Telur Geprek

telur geprek

LAMANRIAU.COM – Tidak terasa sudah 14 hari umat muslim menjalani ibadah bulan suci Ramadhan. Sore ini kita masih membahas berbagai menu sebagai hidangan buka puasa hari ini. Menu kali ini adalah seputar masakan pedas, telur geprek.

Baca : Menu Buka Puasa dengan Resep Ayam Kecap

Meskipun puasa tahun ini masih dalam kecemasan akan Covid-19, tapi tentunya tak menghalangi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan khidmat. Nah, setelah seharian menahan lapar dan haus, momen berbuka bersama keluarga menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu.

Berbagai menu berbuka puasa pun telah tersedia atas meja makan. Mulai dari kurma, es buah, hingga lauk pauk lainnya. Namun, tak jarang pemilihan menu buka puasa jadi sesuatu yang membingungkan. Terlebih jika masih harus WFH atau mengurus anak dan rumah tangga sembari mempersiapkan menu berbuka puasa.

Tentunya, pilihan lauk pauk praktis dan sederhana tapi lezat jadi pilihan utama untuk menu berbuka di tengah kesibukan. Selain kaya protein, menu berbahan utama telur juga murah, praktis, dan bisa dibeli di mana saja. Tak hanya digoreng, telur juga bisa diolah dengan berbagai resep yang tak kalah lezat lho. Salah satunya telur geprek sebagai menu buka puasa pedas.

Berikut ini rekomendasi telur gepres layak untuk mencoba. Selain nikmat dan praktis, menu bercita rasa pedas akan membuat nafsu makan bertambah.

Bahan-bahan:

100 gram tepung serbaguna
1 sdt garam
5 butir telur
8 sdm air es

Bahan Sambal:

1 sdt lada bubuk
kaldu ayam bubuk
garam
7 cabai rawit merah
5 cabai merah keriting
5 siung bawang putih

Cara Membuat:

1. Siapkan wajan dan tuangkan minyak secukupnya. Goreng telur menjadi telur mata sapi hingga matang dan sisihkan di wadah terpisah.
2. Selanjutnya, siapkan mangkuk dan masukkan 4 sdm tepung serbaguna lalu tuangkan 8 sdm air es. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata.
3. Masukkan telur mata sapi ke dalam adonan lalu lumuri dengan tepung serbaguna kering.
4. Goreng telur hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
5. Setelah selesai membuat telur, kini saatnya membuat sambal. Caranya, siapkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, dan air secukupnya lalu blender semua bahan hingga halus.
6. Siapkan wajan atau teflon dan tuangkan minyak secukupnya. Selanjutnya, masukkan sambal dan tumis sambal yang sudah dihaluskan sampai matang dan harum.
7. Jika sudah, siapkan wadah, letakkan telur goreng ke wadah lalu tuangkan sambal. Jangan lupa beri perasan jeruk limo agar rasanya lebih segar. Kini telur geprek siap dihidangkan sebagai menu buka puasa bersama keluarga. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *