Jus Susu Kurma, Buka Puasa ala Rasulullah

jus susu kurma

LAMANRIAU.COM – Setelah seharian menjalankan puasa, memang paling nikmat minum minuman yang menyegarkan. Tidak ada salahnya mencoba untuk membuat jus susu kurma, bahan yang mudah didapat selama bulan Ramadhan.

Baca : Es Timun Melon, Segar Saat Berbuka Puasa

Kurma memang buah yang sangat khas dengan bulan Ramadhan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW merekomendasikan buah ini untuk masuk kedalam menu utama selama Ramadhan. Selain konsumsi dalam keadaan utuh, kamu juga bisa mengonsumsi kurma dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan menjadikannya minuman.

Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Bisa lewat urine, keringat yang keluar saat gerah, atau bahkan saat kamu bernapas. Menurut British Nutrition Foundation, mayoritas orang mengalami dehidrasi level rendah saat berpuasa. Ini bisa mengakibatkan kelelahan, pusing, hingga sulit untuk konsentrasi.

Akan tetapi gejala tersebut tidaklah membahayakan bagi kesehatan. Maka dari itu saat berbuka puasa, kita disarankan mengonsumsi minuman yang bisa kembalikan cairan tubuh. Melansir Boldsky, campuran kurma dan susu bisa mengembalikan energi yang hilang dan juga menyeimbangkan level gula darah yang menurun selama berpuasa.

Caranya adalah dengan merendam beberapa kurma kering ke dalam segelas air selama 12 jam. Kamu bisa siapkan minuman ini malam hari sebelum tidur. Selain itu juga bisa mengolahnya menjadi jus. Berikut cara mengolah kurma menjadi jus yang segar dan menyehatkan.

Bahan :

600 ml, bisa air biasa atau air dingin
6 sendok makan madu
2 sendok makan susu kental manis
Kurma sesuai selera

Cara membuat :

Pertama, kamu harus memisahkan daging buah dan biji kurma
Setelah itu, masukkan kurma dan semua bahan di atas ke dalam blender
Blender hingga semua bahan tersebut tercampur rata dan halus.

Konsumsi minuman selama buka puasa dapat mendapatkan kembali energi setelah seharian berpuasa. Namun, pastikan untuk mengonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan agar terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin terjadi. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *