Manisnya Kue Mangkok untuk Cemilan Berbuka

kue mangkok

LAMANRIAU.COM – Berbukalah dengan yang manis. Anjuran berbuka dengan yang manis sering kita dengar ketika puasa. Sebab, makanan manis baik untuk kesehatan dan memulihkan energi setelah berpuasa. Hari ini kami akan berbagi resep tentang manisnya kue mangkok.

Baca : Jus Susu Kurma, Buka Puasa ala Rasulullah

Saat berpuasa, tubuh seseorang terutama bagian lambung akan kosong 13-14 jam. Setelah 6 jam makan sahur maka lambung akan kosong. Dalam keadaan itu, gula darah akan turun dan lambung kosong. Paling baik adalah mengonsumsi makanan manis saat berbuka. Sebab seseorang membutuhkan pemulihan setelah seharian berpuasa.

Sehingga, usahakan mengosumsi makanan manis sebelum menyantap hidangan utama seperti nasi dan lauk pauk. Nah, kalau biasanya hidangan manis dibuka dengan kolak atau kurma, kamu bisa mencoba alternatif menu baru yakni kue mangkok.

Kue mangkok memiliki bentuk khas seperti mangkok mungil dengan bagian atas yang merekah bagai kelopak bunga. Umumnya berwarna pink, namun bisa kreasikan dengan berbagai warna. Kue ini khas dari berbagai daerah Indonesia dan sering hadir setiap acara sebagai salah satu kue basah.

Lalu apa saja yang perlu untuk membuat kue mangkok? Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan :

125 gram tepung beras
65 gram tepung terigu
1/4 sendok teh vanili bubuk
250 ml santan
1 lembar daun pandan
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir

Cara Membuat :

Campur tepung beras dan tepung terigu. Kemudian aduk rata dan tambahkan gula. Saat mencampur, tambahkan air hangat. Masukkan pewarna makanan, dan aduk hingga mengembang. Panaskan cetakan kue mangkok dalam dandang, tuang dan kukus.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *