Berbagi Sesama Dalam Bulan Ramadhan Itu Sehat

berbagi sehat

LAMANRIAU.COM – Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang baik, sehingga banyak orang berlomba-lomba menebar kebaikan. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi dengan sesama untuk mencari pahala. Namun ternyata, berbagi juga bisa memberi manfaat untuk sehat bagi tubuh.

Baca : Empat Hikmah dalam Sedekah

Berbagi bisa lakukan dalam banyak cara, entah dengan uang, makanan, atau menjadi relawan dalam kegiatan sosial. Tidak hanya kesehatan fisik, melakukan kebaikan dan berbagi dengan sesama juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan mental. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa kita dapat dari saling memberi pada sesama pada bulan Ramadhan, berikut ulasan dari Halodoc.com :

Manfaat Sehat Berbagi

Berbagi dengan sesama bisa memberi manfaat menyehatkan, baik pada fisik maupun mental seseorang. Memberi bantuan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, menghindari depresi, anti stres, memberi efek kesenangan pada diri, hingga memperpanjang usia.

Selama bulan puasa, kamu bisa mencoba untuk mengisi waktu dengan lebih banyak memberi kebaikan. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk penerima bantuan, tetapi juga orang yang memberi. Aktivitas sosial bisa merangsang otak dan meningkatkan rasa bahagia. Jika lakukan secara rutin, tentu akan memberi dampak yang baik bagi tubuh.

Salah satu manfaat dari berbagi adalah menjaga kesehatan mental. Pasalnya, hal ini bisa memberikan perasaan bahagia dan merangsang otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Science menemukan bahwa berbagi dengan sesama dan saling memberi akan berdampak langsung pada organ otak.

Bagian otak yang mengalami manfaat dari saling berbagi berhubungan langsung dengan “reward processing”. Bahkan, efek dari saling berbagi disebut hampir sama dari yang didapat saat seseorang mengonsumsi makanan enak atau melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Selain kesehatan mental, berbagi dengan sesama juga baik untuk menjaga kesehatan fisik. Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari saling berbagi, antaranya:

1. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari berbagi adalah menjaga tekanan darah. Dengan begitu, tekanan darah akan lebih terkontrol sehingga terhindar dari risiko penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi. Selain itu, hal ini juga bisa menekan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

2. Memperpanjang Umur

Berbuat baik pada sesama juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Namun tentu saja, manfaat ini bisa kita dapat dengan sertai pola hidup sehat, seperti menghindari rokok, rutin berolahraga, serta konsumsi makanan sehat.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Berbuat baik nyatanya bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh secara keseluruhan. Hal itu salah satunya terjadi karena sistem imunitas yang lebih terjaga. Sebab, dengan saling berbagi dan membantu, risiko seseorang mengalami stres bahkan depresi akan menjadi lebih kecil. Saat hal itu terjadi, pikiran akan lebih positif dan tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan dan membuat seseorang tidak mudah sakit.

Jadi bagaimana? Masih ragu untuk berbuat baik pada bulan yang baik ini? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dan sangat sayang untuk dilewatkan. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *