Riau  

Empat Daerah di Riau Masuk Zona Merah Lagi

zona merah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, Drs H Syamsuar Msi, mengatakan bahwa empat kabupaten dan kota di Riau kembali masuk ke dalam zona merah risiko penularan Covid-19.

“Saat ini tidak ada lagi yang zona kuning. Sebagian besar zona orange sudah mendekati kategori zona merah. Sekarang juga sudah ada empat zona merah, yaitu Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Siak,” kata Gubri saat menggelar konferensi pers, Sabtu 1 Mei 2021.

Baca : Warga Pekanbaru Masih Bandel dan Langgar Prokes

Tidak hanya daerah itu saja, kata Gubri, beberapa kabupaten lainnya juga mengalami peningkatan kasus Covid-19. “Ini menyusul juga beberapa kabupaten yang meningkat kasus Covid-19, antara lain Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan lainnya juga,” terangnya.

Melihat kondisi ini, Gubri pun mengimbau agar masyarakat tertib protokol kesehatan (Prokes) dan mengikuti imbauan pemerintah. Antara lain terkait larang berkerumun dan mudik lebaran tahun 2021.

“Setiap hari kasus Covid-19 meningkat, karena itulah tentunya kami sangat berharap partisipasi dan kesadaran seluruh masyarakat Riau untuk tertib Prokes. Tahun ini, kita sudah beri kemudahan untuk beribadah, berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk itu, mohon masyarakat Riau agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Ia menambahkan saat ini Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar menjadi perhatian karena sudah termasuk zona oranye. Meski demikian angka kasus Covid-19 semakin hari semakin meningkat, sehingga perlu penekanan dan kehati-hatian supaya tidak terjadi lonjakan kasus.

“Jangan sampai kita seperti India karena masyarakat menurun kesadarannya untuk mematuhi protokol kesehatan, untuk itu kita harus tetap mengajak masyarakat untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *