Sop Buah Santan Madu yang Enak Hilangkan Dahaga

sop buah santan madu

LAMANRIAU.COM – Semakin penghujung Ramadhan, keinginan untuk mendapat suguhan menu takjil berbuka semakin meningkat. Dalam kondisi panas saat ini, tidak ada salahnya kalau menikmati makan yang berair dari buah hingga kuah. Sore ini ada menu yang perlu untuk kamu coba, yakni sop buah santan madu.

Baca : Buka Puasa dengan Manisnya Kue Serabi

Membuat sop buah santan akan lebih terasa nikmat jika menghadapi cuaca yang panas. Bukan saat itu saja, kebanyakan saat hari puasa dan lebaran tiba banyak juga yang membuat es buah santan madu sebagai sajiannya.

Nah resep es buah santanmemang banyak sekali dalam sosial media, namun dalam artikel ini kami menghadirkan varian berbeda. Sop buah santan madu menjadi resep yang sangat enak dan mudah pula dalam membuatnya.

Membuat resep sop buah santan madu akan lebih enak lagi jika buah yang kamu ambil atau siapkan adalah buah-buahan yang kamu sukai. Dengan aneka macam buah tambah rasa manis dan kentalnya saus kuah santannya, serta manisan madu, pasti merasa ketagihan.

Berikut resep sederhana untuk membuat sop buah santan madu sebagai hidangan berbuka:

Bahan :

200 gram buah alpukat, lalu potong seperti kotak kotak
100 gram buah nangka, lalu iris memanjang
150 gram kolang kaling, lalu belah menjadi dua bagian
50 gram sagu mutiara, kemudian rebus dan tiriskan
200 gram buah pepaya, lalu potong kotak
200 gram buah melon, lalu potong kotak
1 kaleng buah rambutan kaleng siap saji, dan belah menjadi dua
100 gram buah kelengkeng, lalu belah menjadi dua

Bahan pelengkap:

500 gram es serut
3 sendok makan sirup coco pandan
madu secukupnya
garam, secukupnya
daun pandan 2/3 helai

Cara membuat :

Langkah pertama untuk membuat resep sop buah santan adalah dengan menyiapkan semua bahan.

Kemudian masak saus santan plus madu dengan api kecil, dengan tambahkan garam secukupnya dan daun pandan. Saat memasak saus santannya, usahakan tetap terus aduk supaya santan tidak pecah. Nah, setelah mendidih, lalu kentalkan santan dengan larutan maizena. Kemudian aduk aduk hingga meletup-letup dan dinginkan.

Langkah selanjutnya adalah bagian penataan. Tata buah-buahan yang sudah siapkan seperti alpukat, nangka, sagu mutiara, pepaya, kolang-kaling, melon, kelengkeng dan rambutan kaleng didalam gelas dengan ukuran gelas sedang.

Lalu tambahkan es serut yang sudah siapkan dan sirup rasa coco pandan atau rasa lainnya suka secukupnya. Setelah itu siramkan saus santan dan beri susu kental manis sedikit.
Sop buah santan madu siap hidangkan. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *