PPDB SMA/SMK se Riau Mulai Dibuka Pekan Depan

ppdb sma/smk

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK se Provinsi Riau mulai dibuka pekan depan. Tahap pendaftaran mulai secara online pada 28 Juni hingga 3 Juli mendatang.

“Kalau tidak ada halangan, pekan depan sudah buka penerimaan. Mudah-mudahan tidak ada kendala teknis lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Riau Zul Ikram, kemarin.

Baca : DPRD Riau Berharap PPDB Online 2021 Tanpa Kendala

Zul Ikram mengatakan khusus untuk seleksi dan tes tingkat SMK wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Proses seleksi dan tes akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 5 Juli.

“Pengumuman hasil penerimaan pada 7 Juli 2021. Selanjutnya pendaftaran ulang dan verifikasi berkas pada 8-9 Juli. Dalam beberapa hari ini masih ada waktu untuk bersiap,” kata Zul.

Setelah seluruhnya terverifikasi, siswa bisa mengikuti pengenalan sekolah selama dua hari, yakni pada 10-11 Juli. Sedangkan hari pertama masuk sekolah rencananya akan mulai pada 12 Juli sesuai jadwal Disdik.

Namun, Ia mengatakan jadwal masuk belum dapat kepastian. Sebab, belajar tatap muka masih melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di Riau.

PPDB awalnya bakal berlangsung pada 14-21 Juni 2021. Namun menurutnya pengunduran jadwal itu tersebut agar tak ada kendala ketika pendaftaran mulai.

DPRD Riau berharap pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK tahun 2021 berjalan secara online tanpa kendala. Menurut Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy A Mohammad Yatim, secara teknis pelaksanaan PPDB tahun ini total berlangsung secara online.

“Mengingat kondisi yang terjadi sekarang dengan meningkatnya angka pasien Covid-19. Tidak ada pilihan lain, pendaftaran siswa baru harus berlangsung sistem daring,” katanya.

Eddy meminta teknisnya harus jelas, dan persiapan secara peralatan dan jaringan juga harus siap. Termasuk pengaturan zonasi sebagaimana kegiatan serupa tahun lalu. “Kami berharap Dinas Pendidikan siap untuk kegiatan tersebut,” pungkasnya.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *